Ini Nih Para Avengers Yang Harus Ada Dalam Real Estate Digital Marketing Team

Siapa saja yang kita butuhkan ketika ingin membentuk sebuah tim digital marketing untuk pemasaran sebuah produk real estate?

Inilah para avengersnya :

1. COPYWRITER

Dari namanya sudah jelas. Copy bisa diartikan naskah iklan. Writer ya penulis. Kerjanya bikinin naskah iklan. Baik kategori hardselling, softselling, ataupun covertselling sesuai dengan target market.

2. Graphic Designer

Avenger kedua ini tugasnya bikinin materi grafis. Bentuknya bisa e-flyer, e-poster, atau bahkan meme yang lucu atau inspiratif.

3. Video Maker

Sudah jelas tugasnya bikinin video. Mau itu video company profile, product knowledge, atau konten untuk vlogging.

4. Advertiser

Nah, kalo yang tiga di atas bikinin konten, yang ini tugasnya mendistribusikan konten baik iklan, edukasi, maupun traffic generator itu kepada target market atau audience yang tepat.

5. Media Planner

Advertiser tugasnya “ngiklanin”. Kalo avenger yang ini? Dia berperan dan menjadwalkan.

Selama periode tertentu, katakan sebulan atau setahun, apa saja menu yang mau disajikan kepada target audience atau target market. Selain konten juga timing.

6. Customer Service

Ada respon dari target audience atau target market? Serahkan pada customer service untuk menanganinya.

7. Deal Closer

CS sudah menangani, selanjutnya calon buyer perlu didampingi survey dan ditutup penjualannya. Akan ada negosiasi dan seterusnya. Ini tugas avenger yang ada diujung. Tugasnya tim sales atau deal closer. Konversi lead atau database menjadi real buyer. Selesai.

Banyak banget ya timnya? Berapa budgetnya tuh? Gimana ngaturnya? Pusiiing..

Tenang. Ada beberapa opsi untuk menyiasati :

1. Lakukan outsourcing. Serahkan sebagian pekerjaan kepada profesional. Ada kok vendor yang menyediakan jasa branding dan pembuatan konten.

2. Opsi 1 masih “kemahalan”? Oke. Lakukan semuanya sendiri. Rangkap jabatan. Be a Superman sementara. Syaratnya mau belajar. Konsekuensinya butuh waktu. Nggak sanggup? Coba opsi ketiga.

3. Serahkan semuanya pada GOOGLE. Tinggal browsing, search, dan ATM. Sing penting tidak melanggar norma, etika, dan hak cipta.

Selamat mencoba.
Semoga manfaat.
Salam closing.
Salam helping.

Zidni Ilman
Praktisi Digital Marketing Indonesia
CEO ABAD Realty Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *