Dollar Makin Kuat Bikin Makin Yakin Untuk Beli Properti Aja

Kurs dollar terhadap rupiah memang naik turun, tetapi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, dollar selalu menguat dan terus menguat. APBN 2018 saja mengasumsikan 1 dollar sebesar 13 ribuan. Sedangkan harga 1 dollar di kurs transaksi Bank Indonesia per 24 Agustus 2018 sebesar 14.728 rupiah. Kenapa terus menguat? Salah satu faktor utamanya adalah penguatan ekonomi di Amerika.

Di luar negeri berbagai negara bahkan sudah nyaris ambruk karena dollar yang terus menguat membuat inflasi di dalam negerinya tinggi sekali. Zimbabwe misalnya sudah sejak tahun 2015 menggunakan mata uang Yuan agar tidak bergantung dengan USD. Sedangkan Turki menggelorakan ekspor. Negara Argentina untuk menutup hutang luar negerinya yang jatuh tempo segera dengan mengeluarkan surat hutang yang memiliki bunga tinggi. Sedangkan Venezuela, anda bisa googling bagaimana keadaannya sekarang.

Namun terlepas dari berbagai krisis yang menimpa di negara-negara di atas, semoga tidak menyeret Indonesia dalam keterpurukan pula. Dan yang penting adalah bagaimana kita mensikapinya? Satu kuncinya adalah terus beli properti.

Beli properti? Ya, setidaknya ada 3 alasan mengapa membeli properti di saat dollar makin menguat.

Jadi untuk menahan laju kenaikan dollar yang membuat kita merugi adalah dengan berinvestasi dengan produk yang harganya naik terus. Nah pilihan terbaik dari produk yang harganya cenderung naik terus adalah properti. Dalam 5 tahun terakhir, USD menguat kurang lebih 20% dari rupiah. Properti yang tepat, bisa naik lebih besar daripada 20%. Ini yang pertama.

Yang kedua adalah karena membeli dan menyimpan properti bisa menghasilkan income secara periodik. Bisa kita sewakan, bisa kita buat kost-kostan dll. Coba bayangkan kalau kita menyimpan dollar, ya hanya bisa menyimpan di dalam tabungan. Well, kalau di tabungan masih bisa mendapatkan bunga, tapi tentu gak seberapa bukan? Secara fisik, dollar tidak akan menghasilkan income secara periodik.

Ketiga dengan membeli properti itu sama dengan membangun perekonomian. Bayangkan bila Anda membeli 1 unit rumah. Berapa banyak orang lain yang ikut makan dari 1 unit rumah Anda tersebut. Mulai dari pekerja kasar, notaris, marketing, pemilik tanah, toko bahan bangunan, bahkan warung sebelah juga ikutan makan. Masih ditambah dengan keluarga mereka. Tapi bila Anda menyimpan dollar, siapa saja yang diuntungkan?

Jadi makin hari, makin yakin kalau properti adalah investasi yang terbaik. Property is the best bet! Dan jangan lupa beli propertinya di Regina Realty. Visit ReginaRealty.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *