Cara Tepat Bangun Rumah Dengan Hemat

Beli rumah memang tidak berarti harus membeli hunian yang sudah jadi. Jika Anda adalah orang yang lebih senang jika merancang sendiri, sudah tentu Anda akan memilih untuk membeli tanah terlebih dahulu baru membangunnya kemudian.

Keuntungannya, Anda tahu kualitas bahan bangunan yang digunakan. Namun, sudah jadi rahasia umum jika membangun hunian sendiri memerlukan dana yang tidak sedikit. Agar tidak terlalu membengkak, Anda bisa melakukan cara ini.

Bangun rumah secara bertahap

Jika dana Anda masih belum mencukupi untuk membangun rumah, Anda bisa membuatnya secara bertahap. Mulai dengan membangun fondasinya dahulu. Kemudian, setelah terkumpul, mulai membuat dindingnya, atap, serta kusen jendela.

Jika sudah terkumpul lagi, Anda bisa membuat rumah semakin detail dengan membangun setiap ruangan. Anda pun juga bisa mengajukan pinjaman pada bank atau produk tertentu yang menyediakan dana pembangunan rumah.

Cermat menentukan ahli bangunan

Anda sudah tentu membutuhkan ahli bangunan alias tukang untuk membuat rumah. Pilih dengan selektif dan cermat. Jika memang memiliki kenalan dalam keluarga Anda, ada baiknya memakai jasa tukang tersebut sehingga Anda sudah tahu tarif dan kinerjanya.

Putuskan apakah Anda akan mempekerjakan tukang secara harian, atau per proyek. Jangan lupa untuk selalu mengawasi selama tukang bekerja.

Bekerja sama dengan arsitek

Jangan langsung beranggapan jika memakai jasa arsitek akan makan biaya tinggi. Justru Anda bisa langsung menyebutkan dana Anda, kemudian biarkan dia yang membantu membuatkan rancangan hunian hingga lokasi paling tepat untuk membeli bahan bangunannya.

Alangkah baiknya jika Anda sudah mendapatkan rancangan rumah sendiri yang bisa didapatkan melalui web tertentu atau media sosial. fyi, rancangan rumah minimalis yang simpel, dan menerapkan konsep terbuka jelas lebih murah dari pada rumah yang terlalu rumit bentuknya.

Ingat, tidak perlu unik, yang paling penting Anda nyaman berada di dalamnya dan rajin menjaga kebersihannya.

Lakukan survei harga material

Biasanya toko bahan bangunan menjual barang dengan harga yang bermacam-macam. Jangan malas untuk sekedar menelpon dan mengunjungi ke berbagai toko untuk melakukan survei dan menentukan yang paling murah.

Ingat, catatlah jarak dari toko bangunan ke rumah Anda, sebab Anda juga perlu mempertimbangkan biaya transportasi. Pilih toko bangunan yang komplit, jadi Anda tak perlu membelinya secara berceceran.

Minta potongan harga

Jika membeli dalam jumlah besar jangan ragu meminta potongan harga kepada penjual. Jika ada tetangga atau saudara yang Anda kenal dan akan mendirikan rumah, Anda bisa melakukan pembelian bersama agar lebih murah.

Tidak ada salahnya juga jika menghubungi teman yang punya toko bangunan agar Anda mendapatkan diskon spesial.

Ribet ya? Kalau gak mau ribet, beli atau invest rumah yang sudah jadi aja. Sudah tau kan harus kemana? Ke Regina Realty dong. Visit ReginaRealty.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *