Desain Warna untuk Rumah Stylish

Perkembangan teknologi pewarnaan mengakibatkan aneka macam warna semakin bertambah. Kita bisa mendapatkan warna yang kita inginkan, dan mengaplikasikannya di rumah kita. Membuat rumah kita tampak lebih indah dan menarik.

Warna Segar

Perpaduan warna hijau muda dan hijau tua pada dinding dan warna cokelat perabotan dari kayu akan memberikan kesan lingkungan alam yang penuh dengan kesegaran walaupun di dalam ruang yang cukup terbatas. Penggunaan warna ini bagus diterapkan di ruang keluarga sehingga dapat memberikan kesan segar dan akan menimbulkan keceriaan di dalam keluarga.

Warna Ceria

Warna ceria ini mampu menimbulkan kesan keceriaan dan kegembiraan pada psikologis seseorang, menghilangkan keraguan dan memicu antusiasme dalam diri seseorang. Warna ceria identik dengan warna yang tegas, tajam dan cerah seperti warna oranye, kuning dan merah. Suasana hidup dan ceria akan hadir ketika dinding rumah dibalut dengan warna merah. Pemilihan warna kuning dan merah akan bermakna keceriaan dan semangat, apabila diterapkan di ruang tamu maka tamu akan merasa senang karena disambut dengan keceriaan.

Warna Eksotis

Warna cerah yang sedikit gelap mampu menimbulkan efek eksotis dan berkesan mempertegas aksen pada ruangan. Warna oranye atau merah gelap dipadukan dengan berbagai interior etnik, klasik atau minimalis dapat memberikan kesan eksotik yang menarik. Penerapan warna oranye gelap atau merah gelap yang eksotis di ruang makan sanggup menimbulkan suasana yang dramatis dan membangkitkan energi sehingga nafsu makan meningkat.

Warna Mewah

Inovasi warna ungu pun cukup cantik dan dapat menimbulkan kesan anggun dan intim yang menenangkan. Warna ungu mengasosiasikan karakter warna yang karismatik, agung dan mewah. Sentuhan warna ungu “bekerja” dengan baik dan menciptakan tampilan yang elegan dan anggun. Cukup diaplikasikan pada satu sisi dinding saja yang luas maka hasilnya akan luar biasa. Warna ungu diterapkan di ruang tidur meskipun pilihan utama adalah warna sejuk seperti gradasi hijau atau biru mampu menciptakan suasana yang menenangkan untuk beristirahat.

Warna Minimalis

Hitam dan putih adalah 2 warna kontras yang bersifat netral. Bila dilihat dari esensinya keduanya merupakan keseimbangan. Putih sering disebut dengan jumlah warna yang ada di alam sedang hitam adalah ketiadaan warna. Hitam dan putih melambangkan simplicity, yang sering dimaknai dengan kesederhanaan. Namun, luas ruangan perlu diperhatikan karena berpengaruh pada ukuran dan pola keduanya. Jika ukuran diabaikan, justru akan membuat suasana menjadi kurang nyaman. Misalkan pada ruang yang luasnya tidak terlalu besar, pola kerapatan warna keduanya jangan terlalu kecil. Sebab akan tampak seperti papan catur dan memberikan kesan yang sempit pada ruangan

Warna Hangat (Lembut)

Warna gradasi cokelat dan pastel: krem identik dengan warna hangat karena berkesan lembut. Sering dijumpai di ruang tidur, ruang tamu bahkan pada interior kafe. Warna pastel menimbulkan kesan hangat yang menyenangkan bagi siapa saja, termasuk tamu Anda. Warna pastel yang dimaksud adalah warna moka dan cokelat, seperti minuman moka dan cokelat hangat yang mampu menghadirkan perasaan tenang dan nyaman.

Sumber: Buku Pintar Desain Arsitektur, Ide Warna Rumah Gaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *