Desain Carport Fungsional dan Cantik

Apabila Anda memiliki kendaraan sudah seharusnya hunian Anda tersedia carport guna menyimpan dan melindungi kendaraan Anda. Namun, selain digunakan untuk menyimpan dan melindungi kendaraan Anda dari segala cuaca kini carport juga bisa menambah nilai estetika hunian Anda.

Terlebih posisinya yang selalu berada di depan rumah Anda yang menjadi bagian dari tampilan fasad rumah. Maka dari itu, sangat penting untuk mendesain carport Anda dengan tampilan yang baik. Simak tips berikut supaya carport Anda tampil cantik tetapi tetap fungsional kuy.

Sesuaikan dengan Rumah

Keselarasan adalah hal yang pertama kali harus Anda perhartikan. Desainlah carport yang selaras dengan desain rumah Anda. Jangan sampai terjadi kontradiksi konsep atau gaya.

Seperti contoh, jika rumah Anda minimalis modern, jangan mendesain atap carport dengan desain tradisional kayu berukir.

Proporsional

Desain carport acapkali menyita ukuran fasad sehingga menutup tampilan rumah. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mencermati proporsi carport.

Jangan mendesain carport menggunakan material solid. Rancang carport menggunakan material transparan untuk bagian atap agar lebih terbuka. Atau, bisa menggunakan atap model partisi bercelah sehingga terlihat lebih terbuka.

Hindari Desain Monoton

Banyak orang mendesain carport dengan desain yang ‘seadanya’ sehingga terlihat monoton. Padahal bisa saja Anda merancang carport dengan bentuk yang menarik dan unik.

Misalnya dengan bukaan kaca di sebelah samping kanan atau kiri. Atau bisa memakai atap model krei yang dapat dibuka tutup. Bisa juga ditambahkan dekorasi tanaman rambat sehingga tampilan lebih cantik.

Utamakan Fungsi

Anda harus selalu mengutamakan fungsi di atas segalanya. Pastikan carport memiliki ukuran yang mencukupi untuk batas minimal kendaraan Anda.

Untuk menampung satu mobil dan satu motor paling tidak diperlukan minimal area seluas 3×5 meter. Jika Anda memiliki beberapa kendaraan, tinggal kalikan ukuran sejumlah kendaraan Anda.

Lantai Carport

Gunakan material terbaik untuk lantai carport Anda. Keramik, beton dan batu alam merupakan tiga material yang cukup populer dengan keunggulannya. Beton dan batu alam selain cepat kering juga cukup kuat untuk menahan berat kendaraan.

Anda dapat menambahkan parit kecil atau rumput untuk mencegah genangan air.  Sementara keramik memiliki motif dan tekstur yang lebih beragam sehingga dapat membuat tampilan carport menjadi lebih menarik. Pilihlah tekstur keramik yang kasar agar tidak licin saat terkena air.

Sumber: www.rumah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *