Cara Memanfaatkan Mezannine di Rumah

Berada di antara lantai atas dan lantai dasar, mezzanine adalah area terbuka yang bisa digunakan menjadi ruang fleksibel. Ada yang mengubah mezzanine menjadi kamar tidur, ruang bekerja atau tempat penyimpanan. Dengan kesan ruang terbuka, mezzanine punya magnet tersendiri untuk didekorasi. Jika ingin mengisi ruang mezzanine, ada sejumlah hal yang wajib diperhatikan. Contohnya, luas area, pemilihan furnitur, dan faktor keamanan dalam mendesain ruangan.

Berikut beberapa inspirasi untuk mengisi ruang mezannine Anda.

Ruang kerja dan perpustakaan

Ruang Mezzanine cenderung terang Karena sifat ruangan yang terbuka, mezzanine sangat pas dimodifikasi menjadi ruang belajar dan membaca. Dengan penataan yang fungsional dan rapi, mezzanine akan cukup luas untuk menyimpan koleksi buku di beberapa almari.

Selanjutnya, letakkan satu set meja belajar dan lampu gantung yang unik. Sebagai pelengkap, letakkan karpet tebal yang nyaman untuk bersantai.

Ruang tidur

Jika Anda hanya memiliki ruangan yang terbatas untuk meletakkan ranjang kasur yang besar, waktunya memanfaatkan mezzanine sebagai ruang tidur.

Biasanya ide ini diambil oleh pemilik apartemen studio dengan tinggi plafon kurang lebih empat meter. Dengan begitu, sisa luas bangunan yang ada di lantai dasar bisa dimanfaatkan untuk dapur atau kamar mandi.

Dapur

Tidak disangka area mezzanine bisa diubah menjadi dapur? Yang paling penting, gunakan material yang kokoh untuk anak tangga dan lantai agar kegiatan masak-memasak bisa dilakukan dengan aman.

Mendesain dapur di mezzanine bisa membuat aroma dan asap masakan berputar cepat menuju keluar rumah. Anda juga bisa menggunakan pembatas ruangan sebagai media tanaman vertikal yang unik.

Ruang keluarga

Jika ruangan mezzanine cukup luas, Anda bisa merancangnya menjadi ruang keluarga atau ruang komunal yang nyaman.

Pastikan lantai dicor beton agar kokoh diisi oleh furnitur berat dan besar. Perhatikan juga untuk pembatas ruangan yang tebal agar aman dan terhindar dari resiko kecelakaan. Apalagi jika ada anak yang masih berusia balita.

Galeri seni

Untuk Anda yang memiliki jiwa seni atau kolektor suatu jenis benda, tidak ada salahnya menggunakan mezzanine sebagai galeri seni pribadi. Mezzanine akan membuat koleksi Anda tertata rapi, enak dipandang dan galeri seni ini bisa menjadi tempat bersantai dan relaksasi di rumah.

Sumber: http://www.rumah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *