Bebaskan Kamar Kecil dari Bau Tak Sedap dengan Tips Ini

Kamar kecil atau kamar mandi termasuk salah satu bagian yang paling penting bagi sebuah rumah. Bagaimana tidak? Tempat ini adalah tempat untuk menjaga kebersihan tubuh dan juga hunian.

Bahkan untuk rumah berukuran mungil atau rumah minimalis, kamar mandi tidak hanya dipakai untuk mandi tapi juga mencuci—sehingga kamar mandi harus bersih agar terbebas dari kuman. Lantas, bagaimana agar kamar mandi selalu bersih dan wangi setiap saat? Simak tips berikut ini!

1. Sortir perlengkapan di kamar kecil

Tidak jarang penghuni rumah malas melakukannya. Perlengkapan yang sudah lama di kamar mandi didiamkan begitu saja. Ingat, setiap toiletries ada masa pakainya.

Buang peralatan mandi yang sudah lama atau kadaluarsa, dan hanya simpan toiletries yang masih digunakan, juga sesuaikan jumlahnya. Seperti contoh, jika anggota keluarga ada 3 tiga orang, berarti hanya ada 3 sikat gigi.

2. Bersihkan wadah penyimpan

Ini juga jarang diingat. Bersihkan wadah sabun, terutama bagian bawah dan dalamnya karena pasti sisa sabun menempel di dalamnya. Kemudian, bersihkan tempat sikat gigi dan kepala sikat agar tetap higienis.

Sisa sabun yang lembap dan menempel di tempat penyimpanan akan menjadi sarang bakteri, sehingga Anda harus membersihkannya seminggu sekali.

3. Menata kabinet

Kabinet atau lemari di bawah wastafel wajib Anda amati kondisinya maksimal sebulan sekali. Usahakan tidak ada rembesan air dari wastafel dan bersihkan lemari dari benda-benda yang umurnya sudah di atas satu tahun.

Masukkan kapur barus jel atau silika ke dalam lemari untuk menghindari lembap dan bau tidak sedap.

4. Ganti alat pembersih kamar kecil

spons, Sikat dan alat pembersih lainnya di kamar kecil sebaiknya diganti secara rutin untuk menghindari adanya kuman di sikat tersebut. Sikat yang kotor akan membuat lantai kamar mandi menjadi kotor dan berkuman.

Bersihkan dinding dan lantai kamar kecil dengan karbol wangi atau desinfektan setiap minggu.

5. Pasang pengharum kamar mandi

Di sejumlah sudut kamar kecil, Anda bisa menempatkan kapur barus wangi yang akan mengurangi lembap sekaligus bau tidak sedap. Letakkan dekat dengan di bawah toilet duduk dan area yang dekat dengan saluran keluarnya air.

6. Ganti lantai kamar kecil dengan warna cerah

Lantai kamar kecil yang memakai keramik berwarna gelap akan lebih tak terlihat saat kotor dan membuat kamar mandi menjadi lebih gelap. Sebaiknya memakai lantai berwarna cerah supaya terlihat jika ada bagian yang kotor.

7. Gunakan cuka sebagai penghilang bau toilet

Agar tidak muncul bau tidak sedap dari kloset, siramkan dua cangkir cuka ke dalam pinggiran toilet lalu sikat. Kemudian bilas dengan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *