Atasi Taman di Rumah yang Kebanjiran dengan Solusi Ini

Musim penghujan telah datang. Di sela-sela kemajuan kota, banjir ternyata masih menjadi momok yang belum bisa dihindari. Intensitas hujan yang deras yang hampir setiap hari menyebabkan banyak terjadi genangan di beberapa area.

Taman rumah sangat mudah tergenang saat musim hujan karena berada di depan atau belakang rumah. Kondisi ini juga dapat merusak bahkan mematikan tanaman serta pohon yang Anda rawat. Sebelum intensitas hujan semakin tinggi, lakukan pencegahan dengan beberapa langkah berikut.

Solusi jangka pendek

Solusi ini relatif lebih mudah karena hanya memerlukan perawatan dasar saja.

  • Bersihkan sampah, daun dan kotoran yang ada di dalam saluran pembuangan agar tidak menyumbat aliran air.

  • Tambahkan mulsa (bahan jerami berupa dedaunan) pada permukaan tanah di Hal ini berguna untuk meningkatkan daya serap tanaman. Untuk permukaan rumput tambahkan campuran tanah yang dicampur dengan sedikit pasir.

  • Gunakan kompos hasil dari pembusukan dedaunan. Kompos bermanfaat untuk membantu tanah lebih banyak menyerap air hujan. Tambahkan kompos setahun sekali ke taman rumah Anda.

  • Banjir di taman biasanya terjadi karena tanah di taman rumah dipadatkan sehingga air sulit untuk masuk ke dalam. Karena itu penting untuk membuat aerasi guna menambah oksigen masuk ke dalam tanah sehingga mencapai akar rumput. Aerasi juga membentuk jalan untuk air penetrasi ke dalam tanah.

Solusi jangka panjang

Jika taman rumah sudah sering terkena banjir, pertimbangkan untuk membuat solusi jangka panjang.

  • Ratakan permukaan tanah supaya air hujan tidak berkumpul di satu titik yang berisiko menyebabkan banjir. Ratakan dengan menambahkan tanah di permukaan yang rendah.

  • Kurangi material keras dari permukaan tanah. Material keras bisa menurunkan daya serap tanah karena menutup rongga masuk air ke dalam tanah. Jika ingin membuat area duduk di sekitar taman, buatlah menggunakan batu bata ukuran kecil dan tipis agar drainase berfungsi maksimal.

  • Salah satu cara paling efektif, yaitu dengan menanamkan pipa saluran air berukuran besar. Hal ini membantu mengalirkan air hujan ke saluran di luar rumah. Namun cara ini membutuhkan ongkos lebih banyak.

Sumber: http://www.rumah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *