Yuk Simak! Ini Dia Pajak Jual Beli Rumah Yang Harus Dibayarkan

Perlu Anda ketahui bahwa setiap transaksi yang dilakukan dalam jual beli rumah akan dikenakan pajak. Ini dikarenakan dalam pembelian rumah akan terjadi proses pemindahan dari pemilik lama kepada pemilik baru. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja pajak jual beli rumah. Sebagai warga negara yang baik dan patuh terhadap peraturan, Anda harus rajin untuk membayar pajak. Sebenarnya tidak hanya rajin, namun harus sadar betapa pentingnya membayar pajak, salah satunya pajak jual beli rumah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa pajak yang dikenakan pada jual beli rumah.

Pajak Penghasilan (PPh) Final

Pajak ini merupakan sebuah pajak yang dikenakan sebagai tarif dasar pajak tertentu atas hasil penghasilan yang dilakukan selama beberapa tahun. Pembayaran ini juga berlaku dalam pajak jual beli rumah.

Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)

BPHTB merupakan sebuah pajak jual beli rumah yang dikenakan hak atas tanah dan bagunannya. Untuk perolehan hak atas tanah dan bangunan ini dipungut karena terjadi sebuah peristiwa hukum yang menyebabkan dipungutnya BPHTB. Adapun untuk besarnya pajak ini adalah 5% dari nilai transaksi jual beli yang dilakukan setelah dikurangi nilai jual tidak kena pajak.

Pajak Penambahan Nilai (PPN)

Ini termasuk dalam pajak jual beli rumah yang harus dikeluarkan oleh pembeli. PPN sendiri merupakan sebuah pajak yang harus dibayarkan atau setiap kali terjadi penambahan nilai dari barang maupun jasa antara produsen dengan konsumen. Pajak ini hanya berlaku jika jual beli dilakukan melalui developer. Sedangkan untuk rumah bekas dan dijual secara perseorangan, tidak dikenakan PPN.

Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM)

Untuk jenis pajak ini biasanya dikenakan ada berbagai jenis barang yang mewah. Misalnya saja untuk ruah mewah, oleh sebab itu pembeli akan dikenai pajak jual beli rumah ini. Pajak ini juga berlaku jika transaksi yang dilakukan melalui jasa developer.

Jika transaksi dilakukan secara individu, maka pajak ini tidak berlaku. Adapun untuk syarat dikenakan pajak ini adalah rumah mewah seperti apartemen, town house, kondominium, ruko, kantor, dan masih banyak lainnya.

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Untuk pajak Bumi dan Bangunan merupakan pajak yang wajib dibayarkan pada lahan dan bangunan yang telah dibuat. Biasanya pajak bumi dan bangunan akan diurusi oleh perangkat daerah tersebut. Untuk PBB di Indonesia sendiri tergolong cukup kecil dibandingkan dengan objek sebenarnya.

Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)

Ini bukanlah pajak yang harus dibayarkan kepada negara, namun ini adalah tarif yang harus dibayarkan kepada negara ketika mengajukan balik nama sertifikat. Adapun untuk melakukan pembayaran ini harus dilakukan di kantor Badan pertanahan Nasional.

Dalam melakukan jual beli rumah tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Ada beberapa pajak jual beli rumah yang harus dibayarkan kepada pemerintah. Nah, dari pada Anda terkejut dengan banyaknya pajak yang harus dibayar ada baiknya Anda memahami pajak apa saja yang harus di bayarkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *