Siapkan Keuanganmu Sebelum Membeli Rumah Dengan KPR

Selain menikah dan membeli mobil, membeli properti adalah salah satu pembelian terbesar selama hidup kita. Dan perlu dipikirkan lebih mendalam karena kita akan menempati rumah tersebut dalam jangka waktu yang panjang. Sangat perlu melihat kantong kita dan mengukur seberapa kemampuan kita untuk memiliki rumah tersebut.

Uang Muka

Uang muka adalah salah satu yang perlu Anda perhatikan ketika Anda ingin membeli rumah baru maupun second dengan cara pembelian Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Bank sebagai lembaga penyalur KPR memiliki peraturan yang mengikuti Peraturan Bank Indonesia dalam memberikan persyaratan uang muka. Sesuai Peraturan Bank Indonesia tahun 2016, uang muka rumah pertama adalah 15% dari harga. Untuk rumah kedua dan ketiga masing-masing 20% dan 25% dari total harga.  

Pada umumnya uang muka yang perlu Anda persiapkan adalah sebesar 15%-25%. Bila Anda pegawai negeri atau anggota militer, ada kebijakan khusus yang berkisar 1%-5% dengan persyaratan tertentu.

Angsuran KPR

Bila Anda membeli rumah dengan KPR, maka Anda wajib mencicil pinjaman KPR Anda di bank. Sebelumnya, ada baiknya bila kita menghitung sendiri dahulu seberapa kemampuan kita dalam mencicil atau mengangsur KPR.

Pertama-tama, gabungkan penghasilan Anda dengan pasangan. Kedua,dikalikan dengan 30%. Nah, hasilnya adalah kisaran kemampuan Anda mengangsur KPR. Untuk mengetahui besarnya nilai KPR, Anda perlu mencocokkan dengan tabel angsuran dari bank.

Biaya-biaya

Membeli rumah selain harga yang harus dibayarkan, ada juga biaya-biaya yang muncul disaat pembelian. Apa saja biaya-biaya itu? Ada biaya balik nama, biaya KPR, biaya asuransi, biaya pajak jual beli dan biaya-biaya lain yang mungkin muncul.

Besarnya biaya balik nama berkisar 1%-2% dari nilai transaksi, biaya pajak jual beli untuk BPHTB sebesar 5% dari harga setelah dikurangi nilai jual tidak kena pajak dan ada biaya Pajak Pertambahan Nilai bila Anda membeli rumah baru pada rumah non subsidi. Sedangkan biaya KPR ada beberapa biaya mulai dari biaya administrasi, biaya asuransi, biaya akad dll.

Masih bingung cara ngitungnya? Gampang aja, cari rumahnya dibantuin Regina Realty, kami bantu Anda hitungkan kesiapan dana awal dan biaya-biaya yang mungkin muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *