Catatan Dari Kopdar dan Bukber YukBisnisProperti

Kopdar dan Bukber YukBisnisProperti.org alhamdulillah telah terselenggara dengan baik di Gedung Surveyor Indonesia, Jakarta. Pada kopdar dan bukber kali ini diisi dengan mini workshop mengenai Standarisasi Pengelolaan Proyek Properti dan sharing dari Kyai Ahmad Masruri dari Gardenia Group. Berikut catatan dari kopdar dan bukber tanggal 2 Juni 2018 lalu.

Sesi 1
Mini Workshop
Standarisasi Pengelolaan Proyek Properti
Oleh : Aryo Diponegoro

1. Kenapa perlu standarisasi?

Tahapan bisnis ada 3 : Start Up (merintis), Smart Up (standarisasi), dan Scale Up (membesarkan). Kita tidak mungkin membesarkan tanpa melakukan standarisasi. Hanya yang memiliki standarisasi yang mungkin ditingkatkan skalanya.

2. Standarisasi dimulai dengan menentukan tujuan dan target dan analisa kebutuhan kemudian diterjemahkan ke dalam visi-misi, desain organisasi, uraian pekerjaan, sampai ke standar dan prosedur operasi hingga tingkat paling detail. Hanya dengan standarisasi bisa dilakukan automasi.

3. Dalam banyak training developer umumnya kita belajar strategi-strategi yang berhubungan dengan cara memulai. Tentang negosiasi, proyeksi, dan seterusnya. Tapi belum sempat bicara bagaimana mengelola dan mengembangkan. Belum bicara soal organisasi.

Akhirnya banyak yang terjun ke bisnis ini sebagai single fighter.

Maka sudah saatnya menuju bisnis profesional dengan standarisasi. Dari tadinya miring ” otak kanan” pelan-pelan diseimbangkan dengan peran “otak kiri” untuk sustainability. YBP mendorong anggota dan jaringan untuk mulai aware dan menuju ke sana.

==========

Sesi 2
Berbagi Inspirasi
Menghadirkan : H. Ahmad Masruri ( Owner Gardenia Group Pekalongan)

Bagaimana Cara Beliau Closing 1 Proyek Kavling SOLD OUT Hanya Dalam 33 Jam?

1. DATABASE

SOLD OUT 33 JAM ternyata punya latar belakang panjang. Pak Ruri membangun bisnisnya melalu jatuh bangun. Pernah gagal dan kehilangan uang pribadi hingga 300 juta rupiah bahkan harus berurusan dengan polisi.

Bangkit lagi memulai dari minus dan mengalami titik balik justru ketika kempali memperbaiki, mendekatkan dan memasrahkan diri. Kebangkitan beliau berjalan seiring dengan reformasi spiritualnya.

Bisnis dibangun salah satunya dengan semangat silaturahim. Selama sekian tahun, beliau dan tim berhasil menghimpun database calon pembeli potensial yang banyak.

2. TIM TANGGUH

Beliau didukung oleh tim yang terdiri dari anak-anak muda yang solid, loyal, berkarakter, dan tangguh.

Tim ini juga lahir dan dibentuk melalui “reformasi spiritual”. Sederhana tapi tidak mudah. Syarat nomor satu dalam rekrutmen adalah memperbaiki kualitas ibadah baik wajib maupun sunnah. Misalnya shalat lima waktu tepat waktu.

Anggota tim seperti yg disampaikan Pak Eko, setelah mulai menerapkan, merasakan perubahan besar seperti hidup yang mulai terpola dan teratur.

Ini sejalan dengan teori dalam buku The Power of Habit. Ketika kita memperbaiki satu saja aspek hidup dan memulai sebuah kebiasaan baik baru, maka aspek lain akan ikut teratur. Disiplin tumbuh.

3. CLEAR GOALS

Mereka punya tujuan jelas. Target 10 ribu kavling. Saat ini sudah mencapai 1000-an.

Saat berhasil SOLD OUT 33 JAM juga jelas goalnya : SOLD OUT dalam sehari.

4. DISIPLIN EKSEKUSI

Database sudah ada, tujuan jelas, maka tim tangguh pun berkumpul dan mengeksekusi rencana secara kompak dan serempak. Dalam 1 hari semua anggota tim menghubungi semua kontak dalam databasenya dan melakukan penawaran. Maka yang tidak mungkin menjadi mungkin : SOLD OUT 33 JAM !

Ingin tau apa saja aktivitas harian yang diterapkan Gardenia Group kepada timnya sehingga menghasilkan perubahan? Simak ceklis kegiatan mereka dalam gambar di bawah ini.

==========

KOPDAR dan BUKBER YBP 2018 sebagai puncak rangkaian acara ramadhan tahun ini telah tuntas digelar dan berjalan dengan baik. Semoga membawa manfaat serta semakin mempererat silaturahim dan jejaring di antara kita.

Terima kasih kepada keluarga besar YBP dari sepenjuru nusantara yang sudah menyengajakan diri untuk hadir. Terima kasih pula untuk semua sponsor rangkaian acara ramadhan tahun ini :

✓ REGINA REALTY PONDOK INDAH JAKARTA
✓ MS GROUP PONTIANAK
✓ GARDENIA GROUP PEKALONGAN
✓ AKSES KOMUNIKA UTAMA
✓ SID (SISTEM INFORMASI DEVELOPER)
✓ REDMARK
✓ ABAD REKAN
✓ ABAD REALTY

Sukses selalu untuk yang hadir maupun belum. Semoga Tuhan memudahkan semua urusan dan hajat kita. Tunggu program kita berikutnya.

==========

Gallery Photo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *