Istilah-Istilah Investasi Properti Yang Perlu DIketahui Oleh Investor Properti Pemula

Terdapat begitu banyak istilah properti yang berkembang saat ini. Sebagai investor properti, kita wajib mengetahui istilah-istilah dalam industri properti. Terutama di sisi investasi properti. Berikut ini adalah sebagian dari sekian banyak istilah investasi properti yang perlu Anda ketahui.

Sunrise Property – Ini istilah untuk menunjukan pada properti yang baru berkembang dan nilainya dimungkinkan naik terus dan stabil. Lokasi pada sunset property menjadi buruan para investor properti.

Sunset Property – Antonim dari sunrise property, seperti halnya matahari tenggelam, sunset property menunjukkan lokasi yang dulu pernah menjadi primadona namun sekarang nilai investasinya sudah terlalu tinggi sehingga menghasilkan return yang kurang bagus.

Capital Gain – Adalah profit atau laba yang didapatkan dari hasil penjualan properti setelah dikurangi dengan harga belinya. Misal pada tahun 2015 Anda membeli properti dengan harga 500 juta, pada tahun 2018 Anda menjualnya 800 juta. Maka capital gain Anda adalah 300 juta.

Yield – Istilah yield dipakai untuk menghitung keuntungan yang diperoleh. Dikalkulai dari pembagian nilai sewa per tahun dibandingkan dengan harga properti. Misalnya, harga properti 800 juta sementara harga sewa 40 juta per tahun, maka yield properti tersebut adalah 5% per tahun.

 Okupansi – Adalah Istilah untuk menunjukkan jumlah unit yang sudah terisi atau disewa dalam sebuah properti. Contohnya seperti gedung apartemen, perkantoran atau pusat perbelanjaan. Misal dalam 1 gedung terdapat 100 perkantoran, telah tersewa 70 unit, maka okupansinya adalah 70%.

Loss Transaction adalah istilah yang merujuk adanya uang yang hilang pada saat membeli properti yang disebabkan biaya-biaya tak terduga, seperti pembayaran biaya broker atau marketing, pembayaran pajak PPH, BPHTB, dan lainnya.  

Masih banyak lagi istilah-istilah investasi properti yang perlu Anda ketahui. Lain waktu kami hadirkan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *