Yuk Buat Studi Kelayakan Proyek Dulu Sebelum Memulai Proyek

Sudah siap untuk membangun proyek? Ada baiknya lakukan studi kelayakan proyek terlebih dahulu sebelum proyek dijalankan. Dengan membuat studi kelayakan Anda akan bisa menganalisa seluruh bidang yang berkaitan dengan proyek, seperti AMDAL, ekonomi, sosial, budaya, dan sebagainya sehingga Anda bisa mengetahui apakah proyek bisa menguntungkan atau tidak. Selain itu, studi kelayakan proyek juga digunakan untuk mengetahui apakah proyek tersebut menguntungkan atau tidak bagi para stakeholder yang terdiri dari investor, kreditor, pemerintah, dan juga developer. Lalu, kenapa kita harus melakukan studi kelayakan proyek? Berikut penjelasannya.

  • Pertimbangan investor untuk bersedia berinvestasi di proyek salah satunya adalah keuntungan yang akan diperoleh dari proyek. Maka dari itu, Anda sebagai perencana proyek harus melakukan studi kelayakan agar tahu jika proyek yang akan dilaksanakan bisa menguntungkan atau tidak bagi para investor. Karena apabila sudah dijalankan namun ternyata malah tidak menguntungkan, investor akan enggan untuk berinvestasi lagi di proyek Anda selanjutnya.

  • Apabila proyek yang Anda jalankan ternyata tidak menguntungkan, juga akan memberikan dampak pada kreditur yang umumnya dari lembaga keuangan perbankan maupun non bank. Kreditur memang tidak mengambil keuntungan dari proyek. Namun apabila proyek Anda tidak laku, maka juga tidak ada yang mengambil kredit dari kreditur sehingga mereka tidak mendapatkan keuntungan dari bunga pinjaman.

  • Berjalannya proyek Anda haruslah mendapatkan pertimbangan juga oleh pemerintah karena berkaitan dengan perekonomian nasional. Pemerintah hanya menginginkan proyek sebisa mungkin membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat serta memberikan pemasukan terhadap negara-negara berupa pajak-pajak.

  • Dan yang terpenting adalah, proyek yang akan Anda lakukan haruslah menguntungkan bagi Anda, si developer. Nah, maka dari itu untuk menganalisa apakah proyek bisa menguntungkan atau tidak, harus dilakukan studi kelayakan proyek. Agar apabila ternyata proyek sekiranya tidak menguntungkan, maka proyek tidak perlu dilanjutkan untuk dicari alternatif/solusi yang lain.

Kemudian, apa saja aspek yang harus dianalisa dalam studi kelayakan proyek?

  1. Aspek pasar, untuk mengetahui apakah produk bisa diterima oleh pasar dan bisa bersaing nantinya.

  2. Aspek teknis, untuk mengetahui tahapan kegiatan proyek serta kesiapan pengelola untuk menjalankan proyek.

  3. Aspek finansial, untuk mengetahui kebutuhan dana yang diperlukan untuk memulai proyek tersebut serta keuntungan yang akan diperoleh oleh masing-masing pihak.

  4. Aspek manajemen, untuk mengetahui kesiapan organ-organ yang akan terlibat dalam proyek.

  5. Analisa resiko, untuk mengetahui resiko-resiko yang mungkin muncul dalam proyek sehingga bisa dicarikan solusinya.

Membuat studi kelayakan proyek sebelum memulai proyek sangat penting bukan? Untuk itu, jangan lupa buat studi kelayakan proyek Anda! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *