Tips Merawat dan Membuat Dapur Terasa Nyaman

Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang penting. Tidak hanya digunakan untuk urusan memasak, dapur juga bisa menjadi tempat untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Karena itu, dapur seharusnya didesain dengan senyaman mungkin. Terlebih dapur adalah bagian rumah yang paling rawan kotor apabila tidak sering dibersihkan. Selain meminta desain interior untuk membuat dapur Anda rapi (apalagi jika dapur rumah Anda tergolong sempit), Anda pun sebenarnya bisa membuat dapur terasa nyaman dengan mengikuti beberapa tips berikut.

  1. Dapur harus memiliki ventilasi yang cukup

Karena dapur merupakan tempat untuk memasak, maka dapur harus memiliki ventilasi udara yang cukup. Apabila ventilasi kurang maka suasana di dapur menjadi pengap sehingga menjadi tidak nyaman. Anda harus memperbaiki sistem ventilasi di dapur agar tejadi sirkulasi udara di dalam dapur. Jika memang tidak ada ventilasi yang memadai, Anda bisa memasang kipas ventilasi untuk membantu sirkulasi udara di dapur.

  1. Menyimpan barang-barang yang jarang digunakan

Barang-barang seperti alat memasak memang diletakkan di dapur. Namun apabila ada barang yang tidak terpakai, lebih baik disimpan. Jangan sampai berceceran di dapur. Kemudian tata alat-alat masak yang sering digunakan agar terlihat lebih rapi.

  1. Membersihkan serta mengembalikan peralatan ke tempat semula setelah dipakai

Setelah Anda menggunakan peralatan untuk memasak, sebaiknya segera bersihkan peralatan tersebut agar tidak kotor. Kemudian jangan lupa untuk mengembalikannya ke tempat semula sehingga terlihat rapi kembali. Satu lagi hal yang tidak boleh dilupakan adalah membersihkan dapur setelah memasak. Karena dapur yang jarang dibersihkan akan membuat terasa tidak nyaman.

  1. Menggunakan kitchen set cabinet

Jika Anda memiliki peralatan memasak yang sangat banyak, ada baiknya Anda menggunakan kitchen set cabinet untuk menyimpan seluruh peralatan. Hal ini untuk menghindari agar peralatan memasak Anda tidak berceceran di dapur. Dengan tersimpannya peralatan memasak di kitchen set cabinet, maka dapur Anda menjadi lebih luas dan nyaman.

  1. Menerapkan Warna Terang pada Dapur

Pemilihan warna cat pada dinding dapur juga menentukan kenyamanan. Apabila warna cat pada dapur Anda gelap, maka segera ganti dengan warna yang lebih terang. Warna terang bisa membuat suasana dapur menjadi lebih cerah sehingga akan membuat nyaman penghuninya.

Beberapa tips merawat dan membuat dapur terasa nyaman di atas semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Dapur yang nyaman tentu akan membuat Anda betah untuk memasak.

One Comment on “Tips Merawat dan Membuat Dapur Terasa Nyaman”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *