Sayangi Properti Anda: Ketahui Penyebab Atap Bangunan Sering Bocor

Atap termasuk bagian paling penting yang dimiliki bangunan guna melindungi penghuni dari terik matahari maupun hujan. Karena fungsinya tersebut, maka atap haruslah kuat dan kokoh. Sering karena tidak kuat terhadap cuaca, atap menjadi rusak dan bocor. Sehingga membuat air hujan bisa masuk ke dalam rumah. Jika Anda tidak ingin kenyamanan Anda saat musim hujan terganggu karena atap bocor. Maka Anda harus menemukan penyebabnya. Berikut beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab atap bocor.

  1. Kesalahan Konstruksi

Pada umumnya kebocoran atap diakibatkan oleh penentuan kemiringan atap yang kurang tepat. Atap yang biasanya digunakan memiliki kemiringan antara 30-40 derajat. Jika kurang dari itu maka atap akan rawan bocor akibat pias dari curah hujan, dan jika lebih dari itu juga akan rawan melorot sehingga menyebabkan kebocoran atap. Anda harus membongkar total atap rumah Anda dan menatanya ulang, atau Anda bisa memberi lembaran pelapis anti bocor pada bagian bawah genteng. Apabila desain rumah Anda memang mengharuskan kemiringan atap lebih dari 40 derajat, maka pilihlah atap yang dilengkapi dengan lubang paku untuk mengunci kedudukannya agar tidak melorot.

  1. Kesalahan Pemasangan

Kesalahan pemasangan ini umumnya dikarenakan tukang yang kurang cermat dalam mengerjakan bagian-bagian atap yang rawan terkena air hujan, seperti bagian bubungan/nok, sambungan tepi/gewel, lisplank, dan talang. Misalnya apabila bagian bubungan/nok dipasang terlalu tinggi sehingga rawan retak dan menyebabkan kebocoran atap. Maka dari itu, mintalah pada tukang untuk memberi lapisan kedap air pada bagian-bagian yang rawan bocor tersebut.

  1. Pemilihan Kualitas Material yang Asal-Asalan

Setiap atap memiliki karakteristik kelebihan dan kekurangan masing-masing dari segi material pembuatnya. Misalnya, atap yang terbuat dari tanah liat dan keramik jelas lebih kuat atap keramik jika untuk menahan air hujan karena sifatnya yang kedap air. Begitupula dengan atap dari lembaran galvanis dan asbes, galvanis memiliki daya tahan yang kuat terhadap cuaca dibandingkan dengan asbes. Oleh karena itu, pilihlah jenis atap yang memiliki kualitas material yang bagus.

  1. Kerusakan Akibat Cuaca

Atap merupakan bagian yang paling rawan mengalami kerusakan karena terkena sinar matahari pada waktu musim kemarau dan terkena air hujan pada saat musim hujan. Akibatnya atap mengalami retak pada bagian sambungan tepi/gewel ataupun retak pada atap tanah liat. Solusinya, Anda harus rajin melakukan perawatan atap rumah Anda misalnya dengan mengecat atap dan menambahkan lapisan waterproof.

Itulah beberapa penyebab atap bocor yang perlu Anda ketahui. Sehingga Anda bisa mengantisipasi kebocoran pada atap rumah Anda. Atau jika sudah terlanjur, segera perbaiki dan lakukan perawatan pada atap rumah Anda secara rutin. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *