Mengenal Town House sebagai Salah Satu Produk Properti

Adakah sebagian dari Anda yang sudah tahu apa itu town house? Atau mungkin istilah tersebut sudah tidak asing di telinga Anda. Bagi yang belum tahu, town house merupakan sebuah komplek kecil berisikan rumah-rumah yang dibangun secara berderet. Namun jumlah rumahnya pun terbatas, paling banyak hanya 30 unit, tidak sebanyak komplek perumahan biasa. Yang membedakan dengan perumahan biasa adalah lingkungan town house tertutup atau berupa muster. Umumnya town house memiliki fasilitas bersama, seperti kolam renang, club house, serta ruang terbuka. Oleh karena itu, banyak yang menyebut town house sebagai hunian setengah apartemen setengah rumah.

Di Indonesia sendiri tren town house mulai berkembang sejak pertengahan tahun 1990-an. Saat itu town house yang berupa komplek kecil tersebut lebih membidik pasar ekspatriat. Istilah town house sebenarnya diadopsi dari Amerika Serikat. Disana, rumah bandar disebut row house yang akhirnya diganti menjadi town house karena kepentingan promosi. Akan tetapi town house di Indonesia belum sepenuhnya meniru dari negeri tersebut, dimana town house ala Amerika memiliki ruang parkir di bawah hunian.

Kawasan di Indonesia yang menjadi favorite para developer untuk membangun town house adalah di selatan Jakarta. Karena daerah tersebut memiliki nilai jual yang tinggi, bahkan ada yang menilai lebih tinggi dari kawasan lain. Itulah sebabnya kini town house banyak bermunculan di selatan Jakarta. Permintaan akan town house pun juga semakin meningkat, karena hunian ini dianggap memiliki kelebihan dibandingkan perumahan lainnya.

Peminat town house juga sangat pandai untuk menentukan pilihannya pada town house. Saat ini semakin banyak proyek yang menggunakan nama town house. Padahal konsepnya berbeda sekali dengan pengertian town house yang sudah dijelaskan di atas. Misalnya ada developer yang melakukan proyek pembangunan 100 unit rumah dan mereka menyebutnya sebagai town house. Sehingga istilah town house menjadi rancu.

Itulah sedikit pengetahuan mengenai town house yang diambil dari berbagai sumber yang mungkin bisa Anda pahami. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *