Gunakan Teknik Spinonase untuk Melihat Kebutuhan Pasar akan Properti

Sebelum melakukan pembangunan proyek, misalnya saja proyek perumahan. Pasti hal utama yang diakukan oleh developer adalah akusisi lahan. Proses akusisi lahan memang memakan porsi biaya paling besar diantaranya pekerjaan lainnya. Oleh sebab itu, developer harus mempertimbangkan secara matang dalam mengambil lahan tersebut terutama disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Jangan sampai saat sudah fix untuk akusisi lahan, ternyata penyerapan pasar akan perumahan di wilayah tersebut sangatlah sedikit. Developer bisa rugi.

Teknik yang bisa digunakan untuk melihat kebutuhan pasar akan properti adalah teknik spionase. Diantaranya dengan melakukan survey data tingkat pendapatan penduduk sekitar atau penduduk dalam satu kawasan radius sekitar 15 km. Cara lain adalah dengan berpura-pura menjadi mata-mata kompetitor yang ada di wilayah tersebut. Yang harus dicari tahu adalah berapa banyak unit yang dibuatnya, berapa harga per unitnya, dan berapa tahun unit tersebut dijual. Kemudian terdapat 2 indikator yang layak untuk dipertimbangkan dari kompetitor.

Apabila Produk Kompetitor Tidak Terjual Habis

Apabila produk-produk dari kompetitor terjual dalam waktu yang cukup lama, cari tahu penyebabnya. Ada 2 kemungkinannya, harga yang mereka tawarkan terlalu mahal atau memang pasar di wilayah tersebut yang belum menyerap. Jika harga yang mereka tawarkan terlalu mahal, maka disinilah peluang Anda sebagai pemasar baru. Jual unit rumah yang harganya lebih terjangkau. Namun jika pasar di wilayah tersebut memang belum menyerap, maka disarankan untuk mencari lokasi yang lebih potensial karena mungkin masyarakat belum siap menerima adanya perumahan.

Apabila Produk Kompetitor Terjual Habis

Nah, apabila produk kompetitor ternyata terjual habis, jangan langsung memutuskan untuk mengakusisi lahan. Pelajari lebih lanjut mengenai kompetitor Anda seperti berapa jumlah unit yang dibangun oleh kompetitor. Bisa saja jumlah tersebut memang sudah sesuai dengan yang dibutuhkan pasar. Jadi apabila Anda berencana menambah unit di wilayah tersebut, maka unit Anda tidak akan terserap lagi karena Anda sudah kehabisan pasar. Solusinya, Anda bisa melakukan riset lagi untuk mengetahui apakah masih ada kebutuhan akan perumahan di sekitar wilayah tersebut.

Teknik dan cara tersebut di atas cukup efektif dalam membantu menentukan keputusan apakah developer akan melanjutkan proses akusisi lahan atau tidak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *