Tips Agar Tidak Tertipu Investasi Properti Bodong

Saat memutuskan untuk mulai berinvestasi properti, seringkali banyak tawaran investasi properti yang datang menghampiri kita. Investasi properti yang ditawarkan pun beragam, serta memiliki keunggulan masing-masing. Namun banyaknya tawaran tersebut sebenarnya justru menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi investor. Sebagai calon investor, Anda harus pintar memilah investasi properti yang tepat agar terhindar dari investasi bodong. Berikut beberapa tips agar Anda tidak tertipu investasi properti bodong.

  1. Pastikan Sumbernya Terpercaya

Investasi properti yang aman adalah yang sumbernya jelas dan berasalah dari pihak yang terpercaya. Bukan hanya dari legalitas sebagai penguat, namun pengelola properti haruslah benar-benar memiliki komitmen. Karena sekuat apapun legalitasnya, akan percuma jika tidak diikuti dengan komitmen dari pihak terpercaya.

  1. Selalu Memprioritaskan Rasio

Saat memutuskan untu memilih investasi properti, putuskan dengan akal sehat dan jangan hanya tergiur oleh keuntungan semata. Tidak perlu tergiur oleh janji-janji pengelola yang terlalu muluk ataupun keuntungan-keuntungan yang tidak masuk akal.

  1. Mempelajari Konsep yang Ditawarkan

Saat ada tawaran investasi properti menghampiri Anda, pastikan untuk terlebih dahulu mempelajari konsepnya. Investasi yang baik adalah yang konsepnya jelas. Cari tahu dari pengelola cara untuk menjalankan proyeksi. Proyeksi manfaat dan keuntungannya selalu didampingi dengan rencana dan kalkulasi yang mendukung. Oleh karena itu, hindari memutuskan mengambil investasi properti sebelum Anda memahami konsepnya secara penuh.

  1. Memastikan Legalitas Pengelola

Sebagai calon investor, Anda harus memastikan posisi Anda aman secara hukum. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu legalitas badan hukum pengelola properti. Selain itu, pilihlah pengelola properti yang mempunyai mekanisme pertanggung jawaban yang jelas.

  1. Mempertimbangkan Success Story Pengelola

Setelah Anda menjalankan keempat tips di atas, tidak ada salahnya jika Anda menggali informasi lebih dari pengelola terkait dengan track record maupun success story mereka. Hal ini sifatnya tidak wajib, namun bisa menjadi nilai plus tersendiri apabila Anda berinvestasi pada pengelola yang mempunyai success story.

Jadi seperti itulah pertimbangan-pertimbangan yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk berinvestasi properti agar terhindar investasi bodong. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *