Sebelum Mengajukan KPR Renovasi, Simak Dulu Tips Agar Tidak Ditolak

Sudah waktunya untuk renovasi rumah, tapi dananya belum ada. Tenang… ada banyak solusinya, salah satunya adalah dengan mengajukan KPR renovasi. KPR tidak hanya memberikan fasilitas kredit pinjaman untuk membeli rumah, namun juga kredit pinjaman untuk renovasi rumah. Sama seperti KPR untuk membeli rumah, KPR renovasi yang diberikan bank juga hanya sekitar 80% dari total keseluruhan biaya. Sedangkan sisanya harus Anda siapkan sendiri. Akan tetapi, terkadang pengajuan KPR renovasi bisa saja ditolak oleh pihak bank. Apa penyebabnya? Berikut ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan agar pengajuan KPR renovasi tidak ditolak oleh bank.

  • Siapkan Agunan

KPR renovasi juga membutuhkan agunan. Agunan yang dipakai biasanya adalah rumah yang saat ini akan direnovasi ataupun rumah lain yang dimiliki oleh nasabah. Bank umumnya membebaskan luas tanah rumah yang akan direnovasi. Namun untuk perkiraan biaya renovasinya, bank meminta Rencana Anggaran Biaya (RAB) dari renovasi rumah yang akan Anda lakukan. Jadi, pastikan Anda sudah tahu berapa besarnya RAB untuk renovasi rumah Anda.

  • Pastikan Kelayakan Surat

Rumah yang Anda agunkan haruslah memiliki surat-surat dan dokumen yang layak. Syarat yang diajukan bank adalah rumah yang diagunkan memiliki sertifikat tanah minimal Hak Guna Bangunan (HBG). Maka dari itu, pastikan surat tanah tempat rumah Anda didirikan sudah terpecah dengan kavling lain. Selain itu, Anda juga sudah harus memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

  • Memberikan Kesan yang Baik

Pada saat mengajukan KPR renovasi, bank terlebih dahulu akan melakukan survey ke rumah Anda sebelum pengajuan KPR renovasi Anda bisa disetujui. Untuk itu, berikanlah kesan yang baik. Jangan sampai membohongi bank tentang kondisi rumah Anda yang akan direnovasi maupun kondisi keuangan Anda. Jika Anda ketahuan berbohong, maka Anda bisa menanggung resikonya bahkan KPR renovasi Anda bisa tidak disetujui oleh bank. Tidak hanya itu, kemungkinan bersangkutan dengan hukum juga mungkin terjadi.

Itulah beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan KPR renovasi ke bank. Semoga KPR renovasi Anda bisa diterima. Selamat merenovasi rumah !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *