Poin-Poin Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Second

Tidak harus membeli rumah baru, membeli rumah second atau bekas ternyata juga bisa dijadikan alternatif solusi untuk memiliki rumah. Terlebih rumah second biasanya lebih murah dan juga siap untuk ditempati. Namun karena rumah second merupakan rumah yang sebelumnya pernah ditempati, Anda harus ekstra jeli sebelum membeli rumah second. Jangan sampai hanya tergiur kondisi fisiknya yang masih layak, Anda jadi menyesal nantinya. Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli rumah second, yaitu sebagai berikut.

  • Jangan Hanya Tergiur Penampilan Luarnya

Sebaiknya Anda juga memeriksa bagian dalam bangunan rumah. Anda harus memeriksa dinding, saluran air, adanya serangan rayap di beberapa kayu atau tidak, dan lain sebagainya. Kemudian periksa interior bangunan, mulai dari usia bangunan dan kapan terakhir direnovasi. Hal-hal tersebut berkaitan dengan keamanan dan kenyaman Anda sebagai calon penghuni. Yang tidak kalah penting adalah sirkulasi udara di dalam rumah, periksa apakah terdapat ruangan yang tidak ada jendelanya.

  • Periksa Fasilitas di Dalamnya Juga

Poin penting yang tidak boleh luput untuk diperiksa adalah saluran air. Cek bagaimana kondisi mesin air dan juga keadaan air pada saat itu. Lalu pastikan juga bahwa jarak antara septictank dengan sumur bor lebih dari 8 meter. Selain saluran air, jaringan kelistrikan juga harus diperiksa. Tanyakan pada pemilik rumah apakah mereka memiliki tunggakan tagihan listrik dengan PLN atau tidak.

  • Pastikan Kelengkapan Dokumennya

Setelah memeriksa kondisi fisik bangunan, selanjutnya adalah memeriksa kelengkapan surat-surat dan dokumen rumah. Pastikan rumah tersebut memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan SHM/SHGB.

  • Melakukan Perbandingan

Setelah semuanya diperiksa, langkah selanjutnya adalah membandingkan harga rumah tersebut dengan rumah di sekelilingnya yang memiliki tipe, luas, atau fasilitas yang sama/mirip. Kemudian apabila memerlukan renovasi, pastikan bahwa biaya yang akan Anda keluarkan untuk renovasi tidak melebihi anggaran yang sudah dipersiapkan.

Jika semua poin-poin di atas sudah Anda lakukan, lalu tinggal Anda siapkan dana untuk membeli rumah tersebut jika Anda berminat. Terserah Anda mau beli cash atau kredit. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *