Macam-Macam Cara Membeli Lahan Tanpa Modal

Membeli lahan memang selalu membutuhkan modal, terlebih modal yang diperlukan tidak sedikit. Banyak orang yang ingin menjadi developer dan pada akhirnya menyerah karena tidak mempunyai banyak dana untuk membeli lahan guna dijadikan proyek. Akan tetapi masalah tersebut sebenarnya bisa disiasti agar Anda bisa membeli lahan tanpa modal, atau lebih tepatnya membeli tanpa menggunakan uang Anda sendiri. Anda mungkin bertanya-tanya, mana mungkin? Mungkin. Lalu, bagaimana caranya? Ada beberapa cara diantaranya dengan cara bagi hasil, atau dengan cara mengundang investor, serta mengatur sistem pembayaran pada pemilik tanah.

Membeli Lahan Tanpa Modal dengan Cara Bagi Hasil

Cara yang bisa Anda lakukan adalah bekerja sama dengan pemilik lahan dengan sistem bagi hasil. Kewajiban Anda untuk membayar tanah adalah pada saat proyek sudah mulai terjual atau apabila sudah terjual semua, tergantung dari kesepakatan bersama. Akan lebih baik jika kesepakatan mengenai bagian masing-masing dikongkritkan dalam bentuk perjanjian tertulis yang jelas.

Besarnya bagian masing-masing tergantung dari kerja samanya. Apabila pemilik tanah hanya menyediakan lahan tanpa ikut mengelola proyek maka besar bagiannya sekitar 30%-40% dari laba bersih proyek. Prosentasenya mungkin bisa berbeda jika pemilik tanah juga menyediakan modal untuk proyek. Namun semua tetap tergantung dari kesepakatan antara Anda dengan pemilik tanah.

Membeli Lahan Tanpa Modal dengan Cara Mengundang Investor

Cara yang tergolong aman adalah dengan mengundang investor untuk menanam modal pada proyek Anda. Anda bisa menggunakan uang investor untuk membeli tanah serta membiayai pembangunan proyek. Kemudian Anda membuat perjanjian dengan investor mengenai pelaksanaan proyek dan sistem bagi hasil. Besarnya bagian masing-masing pun sesuai dengan kesepakatan bersama.

Mengatur Sistem Pembayaran pada Pemilik Tanah

Cara ini dilakukan saat proyek sudah selesai dan unit rumah sudah mulai dipasarkan. Cara ini bisa dilakukan apabila konsumen membeli rumah melalui KPR. Apabila konsumen melakukan pembayaran melaui bank, maka Anda bisa meminta kepada pihak bank untuk mentransfer sejumlah uang yang besarnya sudah diperjanjikan ke masing-masing rekening Anda dan pemilik tanah. Atau apabila konsumen membeli dengan cara tunai atau tunai bertahap, maka Anda bisa meminta pembayarannya langsung ke rekening masing-masing.

Beberapa cara yang telah disebutkan di atas hanya sebagai contoh agar Anda bisa membeli lahan tanpa mengeluarkan modal. Keberhasilan cara-cara tersebut tergantung pada diri Anda masing-masing. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *