Inilah Beberapa Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Jasa Agen Properti Profesional Saat Menjual Rumah

Menjual rumah memang tidak semudah menjual kue. Hari ini dijual, hari ini juga laku. Bagi yang belum pernah menjual rumah dan ingin menjualnya sendiri tanpa bantuan jasa agen properti profesional, hal ini mungkin akan sedikit menyulitkan. Memang saat ini sudah banyak media promosi yang bisa kita gunakan untuk beriklan, namun terkadang memerlukan waktu yang lama untuk bisa laku. Kalau sudah begitu, bagaimana jika sedang terdesak keadaan dan membutuhkan uang? Pastinya akan sangat merepotkan.

Selain itu, menjual rumah tanpa bantuan jasa agen properti profesional juga bisa menimbulkan resiko-resiko terjadinya kriminalitas. Untuk itu, ada baiknya Anda menggunakan jasa agen properti profesional saat ingin menjual rumah. Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan jasa agen properti profesional.

  1. Kesalahan dalam mematok harga jual bisa membuat harga terlalu tinggi

Biasanya para pemilik rumah kurang memahami harga pasar rumah di daerah tempat tinggalnya. Kemudian mereka salah menentukan harga saat menjual rumahnya. Akibatnya rumah sulit laku karena harga jual yang terlalu tinggi.

  1. Respon iklan yang dipasang kebanyakan datang dari broker

Jika Anda memasang iklan di media massa atau online, biasanya 80% responnya berasal dari broker, bukan pembeli. Jika seperti itu maka Anda hanya akan menghabiskan waktu dan tenaga untuk mengantarkan mereka meninjau properti karena mereka biasanya hanya tes harga. Namun jika Anda menggunakan jasa agen properti profesional maka mereka akan bisa menyeleksi respon iklan sehingga yang meninjau properti benar-benar calon pembeli potensial.

  1. Berhubungan dengan banyak broker (open listing)

Jika Anda menjual rumah tanpa bantuan jasa agen properti profesional, maka properti Anda bebas untuk dimasukkan dalam listing setiap broker yang datang kepada Anda. Hal tersebut hanya akan menghabiskan waktu dan tenaga karena berhubungan dengan banyak broker bisa jadi menimbulkan adanya konflik baik antar broker maupun dengan pembeli. Selain itu, akan terjadi kekacauan harga di pasar sebab setiap broker pastilah menawarkan harga yang beragam. Sehingga pembeli menjadi kebingungan dengan harga yang sebenarnya.

  1. Rumah tidak laku dalam jangka waktu yang lama

Berbeda halnya jika Anda menggunakan jasa agen properti profesional. Pasti rumah Anda akan cepat laku karena agen properti umumnya memiliki jangkauan pemasaran yang luas. Selain itu, Anda tidak perlu menghabiskan biaya untuk promosi.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, menjual rumah tanpa bantuan agen properti profesional juga bisa menimbulkan resiko seperti batal transaksi tanpa ganti rugi dan ancaman kriminalitas. Agar terhindar dari masalah-masalah tersebut di atas, sebaiknya gunakan jasa agen properti profesional dan terpercaya di kota Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *