Ingin Sukses, Inilah Beberapa Sikap Mental yang Harus Dimiliki Developer

Selain memiliki pengetahuan tentang aspek dasar dalam proyek pembangunan, developer juga harus memiliki sikap mental yang kuat. Sikap mental diperlukan developer untuk menghadapi hambatan-hambatan yang terjadi pada bisnisnya. Agar developer tidak mudah menyerah dalam mengatasi segala hambatan itu. Namun, sikap mental ini tidak hanya diperlukan saat menghadapi hambatan saja, melainkan juga diperlukan saat developer berada di puncak kesuksesannya. Sehingga developer tidak mudah tergoda ke dalam hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak hanya itu, sikap mental seorang developer juga akan membawanya ke gerbang kesuksesan. Berikut beberapa sikap mental yang harus dimiliki oleh seorang developer.

  1. Selalu Berorientasi pada Kepuasan Konsumen

Bagi seorang developer, kepuasan konsumen adalah hal utama yang harus selalu dinomorsatukan dan diletakkan di atas segala-galanya. Meskipun developer mampu menjual banyak unit rumah, tapi akan percuma jika tidak diiringi dengan perhatian terhadap kepuasan konsumen. Produk yang sold out juga akan berkurang nilainya apabila banyak konsumen yang komplain mengenai spesifikasi bangunan yang tidak sesuai atau waktu penyelesaian yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Untuk itu, developer haruslah selalu berorientasi pada kepuasan konsumen.

  1. Sanggup Memberikan Melebihi yang Diharapkan Konsumen

Jika developer sanggup memberikan melebihi apa yang diharapkan konsumen, maka developer akan memiliki nilai positif di mata konsumen. Misalnya saja developer menjanjikan penyelesaian pembangunan dalam waktu 6 bulan, tapi developer mampu menyelesaikannya hanya dalam waktu 5 bulan saja. Maka konsumen pasti akan sangat puas dengan pelayanan yang diberikan developer. Sehingga mereka tidak segan-segan untuk merekomendasikan developer kepada orang lain.

  1. Selalu Menyediakan Produk-Produk yang Kreatif dan Inovatif

Untuk menghadapi persaingan, developer dituntut untuk selalu menjadi kreatif dan selalu berinovasi. Produk-produk kreatif dan inovatif yang diciptakan oleh developer akan menjadi pembeda antara satu developer dengan developer lainnya. Produk yang kreatif bisa dilihat dari desain produk, cara pembayaran, atau metode yang digunakan dalam pemasaran.

  1. Selalu Proaktif dalam Mencari Peluang

Bisnis properti adalah bisnis yang dinamis. Jika developer tidak memiliki sikap yang proaktif maka dia akan tertinggal dari pesaing. Sikap proaktif diperlukan untuk mengembangkan bisnis, seperti menjalin kerja sama dengan stake holder lainnya dan menjajaki setiap peluang yang ada.

Selain yang disebutkan di atas, seorang developer juga harus memiliki sikap berani menghadapi tantangan untuk menjaga kontinuitas bisnisnya. Dan yang paling penting, developer harus mempunyai intregitas yang tinggi dan bertanggung jawab 100% atas apa yang dikerjakannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *