Enaknya Beli Rumah Saat Launching, Namun Juga Harus Tetap Waspada

Ingin beli rumah yang menguntungkan? Belilah rumah saat launching. Selain bisa mendapatkan potongan harga sebesar 15% hingga 20% dari harga total yang harus dibayar, developer biasanya juga akan memberikan berbagai hadiah secara langsung. Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa leluasa memilih lokasi properti terbaik yang Anda inginkan. Pembayarannya pun bisa dicicil melalui KPR ataupun cash bertahap bahkan DPnya juga bisa dicicil. Gimana, enak kan?

Namun meskipun banyak menguntungkan, Anda harus tetap berhati-hati dalam membeli rumah saat launching. Jika Anda kurang cermat, bisa-bisa Anda tertipu oleh developer yang tidak terpercaya.

Sebelum memutuskan untuk membeli properti pada saat launching, sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu pasal-pasal yang tercantum dalam Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Beberapa hal yang harus Anda terima antara lain:

  • Ketentuan-ketentuan mengenai harga jual properti serta biaya-biaya lain yang harus dibayar konsumen

  • Tanggal serah terima properti secara fisik

  • Denda keterlambatan apabila developer telat melaksanakan serah terima

  • Spesifikasi bangunan dan lokasi properti secara lengkap

  • Hak konsumen untuk membatalkan perjanjian jika developer lalai, misal progres pembangunan terbengkalai

  • Kepastian penandatanganan akta jual beli

  • Informasi denda jika terlambat dan masa pemeliharaan 100 hari sejak serah terima dilakukan

Semua pasal dalam PPJB tersebut di atas harus Anda baca secara teliti supaya tidak tertipu developer nakal.

Saat mengunjungi pameran dan kemudian Anda tertarik untuk membeli properti yang baru saja diluncurkan, Anda biasanya akan diminta untuk menandatangani surat draft pesanan. Dalam surat draft pesanan terdapat klausul atau keterangan yang menyatakan jika konsumen tidak menandatangani PPJB sesuai jadwal, maka uang pesanan hangus. Padahal developer juga tidak memperlihatkan surat atau draft PPJB.Maka dari itu, Anda juga harus berhati-hati saat menandatangani draft surat pesanan. Karena apabila Anda ceroboh, maka uang pesanan Anda bisa hangus.

Untuk menghindari hal semacam ini, sebaiknya sebelum menandatangani surat pemesanan, Anda meminta developer untuk membuat surat tertulis mengenai perjanjian developer kepada Anda sebagai perlindungan Anda secara hukum. Atau carilah developer yang mempunyai track record bagus.

Demikianlah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli rumah saat launching. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *