Cerdas Saat Membeli Rumah di Perumahan

Jika Anda ingin membeli rumah di perumahan, pastinya akan banyak sekali rumah yang ditawarkan, baik oleh developer, broker, maupun oleh orang yang ingin menjual rumahnya. Hal tersebut pasti seringkali membuat Anda kebingungan bukan? Namun Anda juga harus tetap waspada agar tidak tertipu oleh developer nakal. Bukan tidak mungkin jika spesifikasi rumah yang ditawarkan ternyata tidak sesuai dengan kondisinya. Untuk itu, berikut kami berikan beberapa tips cerdas saat membeli rumah di perumahan.

  1. Lihat Siapa Developernya

Saat Anda membeli rumah di perumahan, maka biasanya Anda akan menyerahan tanda jadi atau booking fee kepada developer sebagai tanda bahwa Anda memberikan kepercayaan pada developer tersebut untuk memberikan pelayanan terbaik mereka terhadap Anda. Namun tidak semua developer bisa dipercaya. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu apakah developer yang bersangkutan dapat tepat waktu dalam membangun dan menyerahkan produknya dalam proyek sebelumnya. Sebaiknya cek juga track record mereka, apakah baik atau tidak. Hal ini untuk menghindari memilih developer yang wanprestasi, yaitu developer yang lalai dalam menepati janji penyelesaian pembangunan rumah.

  1. Lihat Tema dan Masterplan Proyek Perumahan

Identitas proyek perumahan dapat dilihat dari visualisasi tema dan masterplannya yang digambarkan melalui brosur. Apabila tema dan masterplannya adalah taman, maka di lokasinya tentu tidak akan dibangun kawasan industri. Kawasan industri seringkali menimbulkan bising, namun peluang bisnisnya besar. Jadi jika Anda tidak menyukai lingkungan yang bising, pastikan Anda memilih proyek perumahan yang tidak dibangun kawasan industri.

  1. Lihat Apakah Developer Menjalankan Divisi Manajemen Estate (ME)

Anda juga perlu mencari tahu informasi rencana jangka panjang developer terhadap kawasan yang sedang dikembangkan tersebut. Karena selain kondisi fisik bangunan, lingkungan perumahan juga bisa mempengaruhi nilai jual perumahan di kemudian hari. Oleh sebab itu, developer perlu melakukan upaya agar nilai perumahan tidak turun. Maka dalam hal ini, Anda perlu melihat seberapa bagus kerja divisi Manajemen Estate dalam mengelola masalah-masalah seperti sampah, fasilitas perumahan, serta asosiasi pemilik.

Jadi seperti itu itulah cara cerdas sebelum membeli rumah di perumahan. Semoga Anda bisa memilih komplek perumahan yang baik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *