Cara Memiliki Rumah Tanpa Harus KPR

Jika Anda adalah orang yang tidak berpenghasilan tetap, sering berpindah-pindah pekerjaan, atau berbisnis namun tidak bisa dibiayai oleh kredit, Anda pasti merasa bingung saat ingin membeli rumah secara kredit. Itu karena KPR tidak akan memberikan pinjaman apabila Anda termasuk yang disebutkan di atas. Namun sebenarnya ada cara lain agar Anda bisa membeli rumah tanpa KPR, selain membeli secara tunai. Strategi dasar yang digunakan agar bisa membeli rumah tanpa harus KPR adalah dengan menjadi developer properti.

Pertama, Anda mencari lahan yang bisa dibagi menjadi 5 kapling. Kenapa 5 kapling? Karena rata-rata kapling yang diijinkan untuk developer atas nama pribadi maksimal hanya 5 unit per kapling. Namun aturan tersebut bisa berbeda-beda di setiap daerah. Lalu setelah itu Anda mengurus legalitas dan perijinannya. Pengurusan perijinan 5 kapling ini biasanya tidak serumit jika banyak kapling. Hanya cukup dengan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan kadang ada juga yang disertai dengan Advice Planning atau Fatwa Lahan. Selain itu, pengurusan perijinan 5 kapling ini juga bisa atas nama pribadi sang developer.

Setelah mendapatkan perijinan, maka Anda bisa memulai membangun 4 unit rumah tersebut. Kemudian Anda bisa mulai memasarkan 4 unit rumah tersebut untuk mendapatkan calon pembeli. Apabila rumah laku, maka tentu saja Anda akan mendapatkan keuntungan. Katakanlah masing-masing unit rumah menghasilkan keuntungan sebesar 20% dari laba bersih. Lalu apabila seluruh 4 unit rumah laku terjual maka total keuntungan yang Anda dapatkan adalah sebesar 80%. Keuntungan yang Anda dapatkan tersebut sudah cukup digunakan untuk membangun rumah unit rumah ke-5 sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membangunnya. Rumah ke-5 ini tidak untuk dijual, melainkan untuk Anda tempati sendiri. Dengan begitu, Anda bisa memiliki rumah tanpa harus KPR bukan?

Cara ini juga bisa Anda modifikasi misalnya dengan menambah unit rumah yang Anda jual, contohnya 10 unit atau 6 unit. Semuanya tergantung kemampuan Anda. Yang jelas, memiliki rumah bisa juga tanpa harus KPR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *