Butuh Dana untuk Renovasi? Ini Solusinya

Sudah saatnya untuk renovasi rumah? Namun niat merenovasi rumah terkadang terkendala oleh biaya. Merenovasi rumah memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terlebih jika rumah Anda memerlukan perawatan atau perbaikan yang ekstra. Masalah biaya renovasi pasti membuat Anda pusing bukan? Akan tetapi akan tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan dana renovasi rumah. Simak tips berikut.

  • KPR Renovasi

Selain memberikan fasilitas kredit rumah, KPR juga memberikan fasilitas pinjaman dana untuk renovasi rumah. Namun meskipun bank memberikan pinjaman, namun pinjaman yang diberikan oleh bank hanya 80% dari total keseluruhan biaya. Untuk itu, Anda sudah harus mempersiapkan dana untuk menutupi kekurangan biaya yang diberikan bank. Namun dana yang harus Anda persiapkan tidak terlalu besar bukan dibandingkan harga menyiapkan seluruh total biaya?

  • Fasilitas Top Up Dari KPR

Top Up KPR adalah sebuah fasilitas dimana Anda bisa mengajukan penambahan dana pinjaman ke bank dengan jaminan rumah yang saat ini sedang dicicil melalui KPR. Fasilitas ini dapat diberikan setelah nasabah melewati setengah dari masa angsurannya. Tidak hanya itu, nasabah juga harus memiliki track record pembayaran cicilan yang baik untuk bisa mendapatkan fasilitas ini.

  • Melakukan Alih Kredit KPR

Anda juga bisa mendapatkan dana renovasi dengan melakukan alih kredit KPR. Alih kredit KPR dilakukan apabila Anda tidak bisa mengajukan Top Up KPR pada bank pemberi KPR. Alih kredit yang dilakukan adalah dengan cara mengalihkan kredit ke bank penyedian KPR lainnya yang dirasa memiliki suku bungan lebih kecil. Dengan alih kredit, bank akan melunasi saldo hutang KPR Anda di bank sebelumnya. Kemudian Anda menyicil sisa hutang KPR Anda di bank baru. Dana renovasi akan Anda dapatkan saat melakukan pengalihan KPR. Ada dana tambahan yang berasal dari suku bunga yang lebih rendah dari suku bunga sebelumnya. Hal ini akan menimbulkan selisih antara plafon kredit dengan sisa pinjaman. Nah, dana dari selisih itulah yang bisa Anda gunakan untuk melakukan renovasi rumah.

Itulah beberapa cara mendapatkan dana untuk renovasi rumah. Bagaimana? Sudah siapkah untuk merenovasi rumah Anda? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *