Proses Menuju Closing: Cara Agar Bisa Akrab Dengan Konsumen

Salah satu hal yang harus diperhatikan agar mudah terjadinya closing adalah kenyamanan konsumen. Jika konsumen tidak nyaman dengan Anda, bagaimana mereka bisa tertarik dengan properti yang Anda tawarkan? Lalu jika mereka tidak tertarik, bagaimana bisa terjadi closing? Nah, maka dari itu kenyamanan merupakan hal utama yang harus Anda berikan kepada konsumen Anda. Salah satunya adalah dengan cara menjadi akrab dengan konsumen. Lalu bagaimana agar kita bisa akrab dengan konsumen? Berikut kami berikan beberapa teknik yang dapat Anda terapkan agar bisa cepat akrab dengan konsumen.

  • Mencari Profil Konsumen

Sebelum bertemu dengan calon konsumen, ada baiknya Anda mencari info sebanyak-banyaknya tentang mereka. Cara yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Mencari informasi lengkap melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya.

  • Setelah itu Anda lakukan analisa kepribadiannya. Karena semakin Anda tahu karakter calon konsumen Anda, maka akan semakin mudah Anda dalam berkomunikasi dengannya.

  • Menyamakan Diri dengan Konsumen

Nah, saat Anda bertemu dengan calon konsumen dan menjalin komunikasi dengannya, pastikan Anda menyamakan diri Anda dengannya terutama melalui hal-hal berikut:

  • Posisi tubuh

  • Irama nafas

  • Verbal, visual, dan vokal. Verbal adalah kesamaan pilihan kata yang dipergunakan. Visual adalah sikap antusias yang ditunjukkan dalam bahasa tubuh. Sedangkan vocal adalah kesamaan tinggi rendahnya intonasi suara.

  • Menyamakan Topik Pembicaraan

Untuk memulai pembicaraan yang akrab dengan konsumen, Anda bisa menyamakan topik pembicaraan dengan banyak hal seperti hobi, kota asal, dan alumnus. Kemudian saat Anda berkomunikasi dengan konsumen, sangatlah dianjurkan untuk mengulangi pernyataan yang diucapkan konsumen. Hal ini untuk menunjukkan rasa kepedulian Anda terhadap apa yang dibicarakan konsumen.

  • Tunjukkan Tujuan dan Niat Baik

Sebenarnya tanpa ditunjukkan pun, niat baik Anda pasti akan diterima oleh konsumen melalui gelombang positif. Karena dari awal ada hal yang mendasari Anda untuk melakukan sesuatu yang positif, maka mereka akan menyadarinya seperti dari senyum ikhlas yang Anda berikan.

  • Tunjukkan Pribadi yang Menyenangkan

Terakhir, tunjukkan pada konsumen bahwa Anda memiliki pribadi yang menyenangkan. Jangan terkesan kaku dan jadilah orang yang mudah bergaul.

Itulah beberapa teknik agar Anda bisa cepat akrab dengan konsumen. Jika sudah akrab, maka peluang terjadinya closing pun akan semakin dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *