Langkah-Langkah Dasar Untuk Memulai Bisnis Developer Properti

Memulai bisnis developer properti tidak serumit yang dibayangkan kok. Asal ada keseriusan dan ketekunan di dalamnya. Untuk memulai bisnis developer properti, ada beberapa langkah dasar yang harus dijalani. Langkah-langkah tersebut yang akan menentukan kesuksesan Anda nantinya. Berikut langkah-langkah dasar untuk memulai bisnis developer properti.

  1. Mencari Lahan yang Layak

Beberapa faktor yang bisa kita tinjau untuk mencari lahan yang layak diantaranya lokasi, harga dasar, bentuk lahan, status lahan, serta cara pembayaran. Masing-masing faktor tersebut berpengaruh terhadap pembangunan proyek nantinya. Lokasi dan harga dasar akan berpengaruh terhadap segmentasi pasar. Bentuk lahan berpengaruh terhadap efektifitas lahan, apakah cocok untuk tujuan komersil. Status lahan berpengaruh terhadap kecepatan perijinan lahan. Dan cara pembayaran berpengaruh terhadap besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Kemudian Anda juga perlu melakukan survey untuk mengetahui apakah lahan yang Anda bidik sesuai dengan peruntukan.

  1. Melakukan Hitung Cepat

Untuk mulai menjadi pebisnis developer properti, Anda harus bisa melakukan hitung cepat. Karena nantinya saat Anda sudah menemukan lahan yang tepat, Anda bisa menentukan sedikit gambaran mengenai anggaran yang dikeluarkan serta keuntungan yang akan diperoleh. Perhitungan cepat ini juga bisa Anda lakukan dengan software Quick Count.

  1. Menyusun Master Plan

Untuk menyusun master plan, seorang developer properti pemula bisa meminta saran kepada konsultan. Ada banyak hal yang harus disusun dalam master plan. Dalam master plan terdapat site plan atau gambar kawasan yang terrdiri dari berapa kapling komersil, berapa besaran fasilitas umum, gambar jalan, lebar jalan, lebar kapling, dan sebagainya. Selanjutnya adalah membuat peta lokasi kota untuk mengetahui titik-titik pesaing sehingga Anda bisa menentukan titik yang tepat. Selain itu, pebisnis developer pemula juga bisa melakukan survey pasar untuk melihat persaingan di daerah itu. Anda bisa menanyakan banyak hal ke marketing developer guna membandingkan harga serta keunggulan nantinya. Sering-seringlah juga datang ke proyek, siapa tahu bisa kenal kontraktor yang bisa diajak kerja sama.

Setelah langkah-langkah tersebut di atas dijalankan, selanjutnya adalah mencoba mengawali bisnis developer properti dengan runtutan pekerjaan yang harus dilakukan. Seperti biasa, Anda bisa mencari investor yang mau bekerja sama dengan Anda jika Anda tidak punya modal. Kemudian setelah dana Anda dapatkan, segera urus perijinan lahan yang sudah Anda bidik, lakukan pemasaran, serta mulai laukan pembangunan proyek. Begitulah langkah-langkah dasar untuk memulai bisnis developer properti. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *