Beberapa Hal yang Harus Dimiliki Agar Sukses Berbisnis Properti

Saat memutuskan untuk berbisnis properti, maka Anda harus sudah siap untuk menghadapi segala resiko yang mungkin terjadi. Berbisnis properti memang tidak gampang, karena diperlukan ketekunan dan kegigihan. Keuntungan besar yang akan didapatkan akan setara atau bahkan lebih banyak dari modal yang dikeluarkan.

Pintar dalam menjual rumah tidak menjamin Anda akan sukses berbisnis properti. Ada beberapa hal yang harus Anda miliki agar bisa sukses dalam berbisnis properti. Apa saja hal tersebut? Berikut beberapa hal yang harus dimiliki oleh pebisnis properti.

  1. Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber Daya Manusia merupakan hal utama yang harus ada dalam bisnis properti. Jika tidak ada SDM, mana mungkin bisnis properti bisa berjalan. SDM adalah orang-orang yang akan melakukan proses-proses dalam bisnis properti, mulai dari perencanaan, perijinan, pembangunan, hingga pemasaran. SDM ini harus ada entah dengan cara memperkerjakan orang lain sebagai karyawan ataupun Anda sendiri yang melakukannya. Yang jelas, SDM ada untuk melancarkan kegiatan bisnis properti termasuk kegiatan marketing atau pemasaran properti.

  1. Proses Produksi

Berbisnis properti artinya kita membuat barang yang sebelumnya tidak ada menjadi ada. Barang itu berupa produk-produk properti seperti rumah, apartemen, ruko, dan lain sebagainya. Karena Anda berperan sebagai produsen disini, maka proses produksi haruslah ada. Nah, proses produksi ini bisa terjadi apabila Anda mempunyai Sumber Daya Manusia.

  1. Finansial

Nah, tanpa yang satu ini sepertinya akan mustahil proses produksi dan bisnis properti bisa berjalan. Finansial sangat diperlukan untuk mengendalikan adanya alur cash ini maupun cash out dari sebuah proses bisnis. Adanya finansial digunakan untuk mengatur tersedianya modal untuk proses produksi, membayar SDM, biaya marketing/pemasaran, serta mengendalikan agar tujuand dari bisnis properti bisa tercapai, yaitu keuntungan.

  1. Marketing

Kegiatan dalam bisnis memang lebih banyak terjadi pada proses marketing, tidak terkecuali dalam bisnis properti. Marketing dilakukan untuk menjangkau target pasar sehingga grafik finansial, produksi, SDM, dan marketing bisa tercapai dan pada akhirnya keuntungan juga tercapai. Selain itu, marketing juga mempengaruhi susunan aliran dana masuk (cash in) yang digunakan untuk menghidupkan cash flow atau perputaran modal.

Itulah beberapa hal yang harus dimiliki agar sukses berbisnis properti. Keempat hal tersebut di atas merupakan inti dari sebuah proses bisnis properti. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *