Jelang Asian Games Harga Properti di Palembang akan Melonjak 15%

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan saat ini tengah sibuk berbenah diri untuk menyambut gelaran akbar Asian Games. Ya, event olahraga antar negara di kawasan Asia ini dijadwalkan akan dilangsungkan di Palembang dan Jakarta Agustus 2018 mendatang.

Guna menyukseskan acara, Pemprov Sumsel rela menggelontorkan dana sebesar Rp 64 triliun untuk membangun infrastruktur jalan tol Palembang-Indralaya, jembatan Musi IV, jembatan Musi VI hingga Light Rail Transit (LRT).

Selain pembangunan infrastruktur, diperkirakan acara yang diadakan setiap empat tahun sekali tersebut juga dapat memberikan angin segar terhadap industri properti. Menurut Ali Tranghanda Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), ajang Asian Games diperkirakan akan mendongkrak harga jual properti di Palembang.

“Berkaca kepada pelaksanaan Sea Games di Palembang tahun 2011 lalu, saat itu harga properti di sana melonjak naik, apalagi di event lebih sebesar seperti Asian Games ini,” kata Ali.

Ali memperkirakan menjelang pelaksanaan acara kenaikan harga properti di sana akan mencapai 10% hingga 15% tergantung dari jenis propertinya. Sekedar catatan, berdasarkan informasi dari portal properti global Lamudi  harga lahan di Palembang rata-rata berkisar Rp 5 juta hingga Rp 15 juta per meter persegi, sedangkan untuk kawasan yang relatif murah harganya rata-rata Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta per meter.

“Namun yang akan terasa dampaknya adalah sektor hotel dan komersial, kedua jenis properti ini akan mengalami lonjakan harga yang cukup signifikan,” kata Ali.

Ali mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat mengapa harga properti akan melonjak naik menjelang pelaksanaan Asian Games, salah satunya karena adanya lonjakan pendatang yang akan masuk ke Palembang.

“Selain itu, faktor pembangunan infrastruktur yang saat ini sedang digalakkan juga dapat memicu peningkatan harga properti di sana ini,” ujar Ali.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *