Cara Meningkatkan Jaringan dalam Bisnis Properti untuk Pemula

Bagi seorang pebisnis properti pemula, pasti seringkali mengalami kesulitan-kesulitan dalam menjalani ataupun mengembangkan bisnisnya. Kesulitan-kesulitan tersebut bisa berupa kesulitan saat menjual properti, kesulitan melakukan tes pasar, kesulitan mendapatkan investor, hingga kesulitan membangun jaringan. Kesulitan membangun jaringan seringkali dialami oleh pemula. Untuk mengatasi masalah kesulitan membangun jaringan, sebenarnya terdapat solusi yang disebut model lingkar, yang mana bisa membantu meningkatkan jaringan dalam bisnis properti. Model lingkar memiliki beberapa lingkar dalam menemukan jaringan untuk mengembangkan bisnis properti Anda, yaitu sebagai berikut.

  1. Lingkar pertama, merupakan lingkaran terkecil dan dekat dengan Anda. Orang-orang yang ada dalam lingkaran ini meliputi keluarga, saudara, dan keluarga besar. Anda bisa mulai mencatat siapa saja daftar anggota keluarga dan saudara Anda. Setelah itu, Anda bisa melakukan promosi properti secara sederhana kepada mereka dengan harapan mereka. Siapa tahu salah satu keluarga atau kerabat Anda sedang membutuhkan properti.

  2. Lingkar kedua, yaitu teman dekat Anda, teman sekolah/kuliah, teman main, ataupun tetangga. Anda juga bisa membuat daftar nama-nama mereka untuk selanjutnya Anda bisa membuat dan menyebarkan brosur kepada mereka. Mereka mungkin saja tertarik dengan properti yang Anda jual.

  3. Lingkar ketiga, adalah lingkaran referal dari teman di media sosial, teman dari keluarga, teman dari teman Anda, atau bisa juga dari komunitas di dunia nyata maupun dunia maya. Anda bisa mempromosikan properti Anda kepada meraka. Dengan begitu, jaringan atau relasi Anda akan semakin luas dan peluang terjualnya properti juga semakin tinggi. Anda juga bisa saja menemukan orang-orang yang bergelut di bidang properti untuk diajak kerja sama.

Penjualan dan peluang terjadinya closing berawal dari kepercayaan konsumen. Dan kepercayaan tersebut bisa dengan mudah ditemui dari lingkar terdekat dari Anda, yang seringkali sering terlupakan. Jadi, jangan hanya meningkatkan jaringan dari luar lingkaran saja. Sehingga inilah saatnya Anda meningkatkan jaringan untuk mengembangkan bisnis properti yang Anda geluti. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *