Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Renovasi rumah seringkali kita lakukan guna melakukan perbaikan ataupun sekedar melakukan perawatan terhadap rumah agar tetap bagus. Kegiatan renovasi rumah tentunya memerlukan biaya yang lumayan banyak. Terutama jika Anda tidak membuat perencaan jauh-jauh hari, bisa-bisa kondisi keuangan Anda bisa terganggu akibat merenovasi rumah. Nah, jika Anda ingin merenovasi rumah, ada baiknya Anda simak tips menghemat biaya renovasi rumah sebagai berikut.

  1. Gunakan Bahan Material yang Masih Bisa Digunakan

Jika Anda memiliki bahan bangunan yang tidak terpakai, maka sebaiknya Anda gunakan kembali untuk renovasi. Dengan begitu, Anda bisa menghemat biaya untuk renovasi.

  1. Berhati-hati Dalam Memilih Kontraktor

Dalam memilih kontraktor, anda disarankan harus lebih berhati-hati. Pilhlah kontraktor yang sudah profesional dan berpengalaman. Jangan asal murah tapi kinerja tidak bagus.

  1. Tentukan Bahan Bangunan

Bahan bangunan yang akan digunakan tentunya akan menentukan kualitas dari hasil renovasi. Jangan asal murah dalam memilih bahan. Sebab dapat menyebabkan biaya yang besar untuk kedepannya. Anda juga diharuskan survei dan bertanya kepada tukang yang akan mengerjakan renovasi rumah.

  1. Pilih Model Renovasi

Sebelum melakukan renovasi, kita harus menentukan dahulu model renovasi yang akan kita lakukan. Apakah renovasi sebagian atau renovasi Total, lalu catat item-item yang diprioritaskan.

  1. Perhatikan Waktu Pengerjaan Renovasi

Dalam melakukan renovasi sebaiknya anda juga melihat waktu ataupun jadwal. Jika pada saat itu ekonomi sedang dalam keterpurukan, tentu harga bahan bangunan juga akan mahal. Sebaiknya melakukan renovasi disaat ekonomi sedang stabil.

  1. Berhemat pada Pengeluaran Lain

Saat renovasi, sebaiknya anda jangan mudah terjebak dengan kondisi lingkungan sekitar. Tetangga merenovasi dengan marmer dan kayu jati, lantas kita ikut-ikutan. Sebaiknya anda berhemat dan fokus pada anggaran pengeluaran yang tak terduga. Bisa saja anda harus mengganti sesuatu dengan total karena sudah dalam rusak parah.

  1. Pilih Cara Pembayaran yang Tepat

Bila anda sudah mengetahui dengan pasti konsep renovasi yang anda inginkan, sebaiknya anda menggunakan sistem borongan. Tetapi jika anda belum memiliki gambaran tetang renovasi seperti apa nantinya, sebaiknya menggunakan sistem pembayaran harian.

  1. Belanja Kebutuhan Renovasi Sendiri

Dengan melakukan pembelanjaan kebutuhan renovasi sendiri, tentu akan menghemat dalam melakukan renovasi. Dan lagian belum tentu dalam pembelian yang melibatkan orang benar semuanya. Maka disarankan anda melakukan sendiri dalam belanja bahan-bahan renovasi.

Demikianlah tips menghemat biaya renovasi rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *