Tips Dalam Memilih Genteng yang Berkualitas

Atap rumah merupakan bagian rumah yang paling penting karena melindungi penghuni rumah dari panas dan hujan. Atap rumah haruslah kuat, kokoh, dan tahan lama. Agar atap rumah awet dan tahan lama, maka genteng yang dipilih haruslah yang memiliki kualitas yang baik. Maka dari itu, pada saat Anda membeli genteng, maka harus jeli dan mempertimbangkannya dengan baik agar tidak salah pilih. Banyaknya model genteng yang ditawarkan saat ini beserta kelebihannya masing-masing tentu akan membuat Anda bingung. Namun berikut kami berikan beberapa tips yang bisa berguna untuk Anda dalam memilih genteng yang berkualitas.

  1. Perhatikan Tampilan Genteng

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat memilih genteng adalah tampilannya. Jangan memilih genteng yang ada sedikit retakan atau garis karena dapat mengakibatkan genteng mudah pecah sehingga bocor saat terkena air hujan. Untuk memilihnya, Anda cukup melihat beberapa sampel genteng yang berada pada tumpukan.

  1. Melihat dari Warna Genteng

Warna juga berpengaruh pada kualitas genteng. Warna genteng yang bagus adalah yang warnanya kuning kemerah-merahan. Karena warna tersebut menandakan bahwa genteng telah diproses secara tuntas serta telah dibakar secara matang. Sedangkan warna yang seharusnya tidak Anda pilih adalah genteng yang warnanya kehitam-hitaman. Warna tersebut menunjukkan bahwa genteng diproses secara tidak sempurna dan pembakarannya tidak sampai matang.

  1. Suara Genteng

Ciri genteng yang berkualitas adalah apabila dipukul mengeluarkan suara yang nyaring. Hal itu menandakan bahwa genteng padat dan pembakarannya sempurna. Sebaliknya, genteng yang apabila dipukul tidak berbunyi nyaring, maka genteng tersebut tidak padat dan pembakarannya tidak sempurna.

  1. Melakukan Uji Kekuatan Dengan Ditumpuk

Genteng yang berkualitas tentunya tidak akan mudah retak atau pecah saat ditumpuk. Nah, Anda bisa menguji kualitas genteng dengan cara menumpuk beberapa sampel genteng menjadi satu tumpukan. Apabila genteng yang paling bawah tidak pecah, maka genteng tersebut kuat dan kokoh.

  1. Jangan Lupa untuk Cek Ulang Saat Tiba di Lokasi

Saat genteng yang Anda pesan sudah tiba di lokasi rumah Anda, maka sebaiknya periksa kembali kondisi genteng tersebut. Karena biasanya genteng bisa rusak pada saat pengiriman. Jika ada yang rusak, sebaiknya minta ganti atau tukar.

Itu dia beberapa tips dalam memilih genteng yang berkualitas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *