Minimalkan Pengeluaran Anda Saat Musim Hujan

Datangnya musim hujan seperti sekarang ini membuat kita bersyukur setelah musim panas yang cukup lama melanda indonesia, tetapi disatu sisi masalah dalam rumah anda biasanya terjadi pada saat musim hujan. Jangan sampai anda malah mengeluarkan extra pengeluaran untuk musim hujan. Masalah seperti pintu dan jendela yang bentuknya berubah, cat yang pudar dan mengelupas, genteng mlorot, plafon rusak, rembesan pada dinding hingga genangan air yang masuk ke rumah.

Kalau tidak anda antisipasi tidak menutup kemungkinan uang yang anda keluarkan akan sangat besar, dan untuk menghemat biaya pengeluaran anda, simak tips berikut ini :

Pendingin Udara
AC tidak perlu dihidupkan. Hal ini dikarenakan udara pada saat musim hujan sudah relatif dingin, jadi penggunaan AC tidak diperlukan lagi.

Peranti Elektronik
Alat elektronik yang sudah tidak digunakan sebaiknya dipadamkan, atur lampu agar menyala disaat yang diperlukan. Hal ini mengacu pada efetifitas penggunaan listrik anda, yang tentu akan berdampak pada saat pembayaran rekening listrik.

Perencanaan Belanja
Rencanakan belanja Anda sebelum ke pasar atau supermarket. Belanjalah sesuai kebutuhan saja, berbagai barang yang dirasa tidak terlalu penting atau tidak terlalu mendesak sekali untuk dibeli lebih baik jangan, sehingga Anda terhindar dari pengeluaran biaya berlebih.

Kendaraan
Sebaiknya hindari bepergian yang jaraknya terlampau jauh, jika tidak ada urusan yang terlalu penting seperti jalan-jalan, touring bersama teman-teman, maupun berwisata keluar kota, karena akan berdampak biaya lebih untuk anda seperti bahan bakar. Perlu anda perhatikan juga tekanan udara ban dan sesuaikan dengan ketentuan karena dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar dibanding ban yang kempes.

Makan
Hindari makan makanan diluar karena lebih baik memasak sendiri. Disamping kita bisa menghemat pengeluaran, kebersihan dan kesehatan makanan sudah pasti terjamin karena kita sendiri yang mengolahnya, karena belum tentu makanan-makanan yang dijajakan diluar bersih dan sehat.

Pakaian
Control pembelian pakaian anda. Musim hujan yang datangnya akhir tahun biasanya dibarengi dengan adanya ajang diskon pakaian secara besar-besaran . Ketahui isi lemari pakaian Anda, sehingga Anda mampu menunda pembelian baju. Pengeluaran berkurang, Anda pun bisa menyingkirkan baju-baju yang sudah tidak Anda gunakan.

Stop Berlangganan
Hentikan langganan-langganan yang dikira kurang efektif dan efisien. Seperti Tv kabel, Internet, majalah atau koran.

Perbaiki
Sebelum membeli lebih baik kita terlebih dahulu melihat apakah barang yang sebelumnya masih bisa terpakai atau tidak, karena jika masih bisa kita perbaiki akan jauh lebih hemat jika kita bisa memperbaiki barang-barang kita sendiri. Baju dan furnitur adalah hal-hal yang sederhana yang bisa kita perbaiki.
Semoga Bermanfaat.

Originally posted 2015-12-04 07:25:33. Republished by Blog Post Promoter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *