Mengenal Beberapa Jenis Tempat Tinggal

Berbicara mengenai tempat tinggal, selama ini orang berfikir tempat tinggal hanya sebatas bangunan berbentuk rumah yang bisa ditinggali. Kebanyakan orang tidak pernah berfikir jika tempat tinggal ternyata juga memiliki beberapa jenis. Padahal mengetahui jenis-jenis tempat tinggal dapat membantu Anda memberikan pengetahuan apabila Anda ingin membangun sebuah rumah nantinya. Jenis rumah tinggal berikut bisa menjadi referensi serta sumber pengetahuan Anda dalam mengenali bentuk dan model tempat tinggal.

  1. Rumah Tinggal Tunggal (Detached)

Jenis rumah tinggal ini adalah rumah yang berdiri sendiri. Rumah ini biasanya hanya untuk satu keluarga dan jaraknya berjauhan dari rumah-rumah lainnya. Ciri-ciri dari rumah tinggal tunggal adalah lahan yang lebih besar daripada rumahnya serta bangunan rumah dikelilingi oleh halaman. Yang termasuk rumah jenis ini adalah cottage, villa, bungalow, dan mansion.

  1. Rumah Tinggal Koppel (Semi Detached)

Rumah tinggal koppel adalah rumah tinggal tunggal yang disekat sama besar antara kiri dan kanan bangunan. Rumah tingga koppel biasanya hanya untuk disewakan.

  1. Rumah Kota (Town House)

Town house adalah jenis rumah tinggal yang biasanya dilengkapi dengan penambahan lahan parkir di dalam bangunan. Lahan parkirnya memerlukan halaman depan yang lebar. Town house menawarkan kenyamanan tinggi untuk tempat tinggal.

  1. Rumah Susun (Flat)

Jenis rumah tinggal yang satu ini Anda pasti sudah sering tahu. Rumah susun ini sangat fleksibel, mampu menyesuaikan dengan berbagai konfigurasi.

  1. Rumah Berpekarangan Dalam (Patio House)

Rumah ini umumnya berlantai satu tradisional. Dengan pintu masuknya berada di tengah, ruang tamu terletak pada suatu sisi, dan sisi lainnya untuk ruang tidur. Apabila pekarangannya sempit, biasanya sudut rumah ini dibengkokkan atau dibuat melengkung. Dan juga rumah jenis ini biasanya dipagari berkeliling.

  1. Maisonet

Maisonet merupakan jenis rumah dengan tipe standar bangunannya yang berkapasitas tinggi dan bertingkat rendah. Rumah jenis ini memiliki ciri-ciri penumpukan vertikal maksimum dari sebuah unit berlantai dua di atas unit bangunan lainnya, dengan dua tahapan tangga untuk lantai utama dari unit yang terletak lebih atas.

Itulah beberapa jenis tempat tinggal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *