Butuh Cash Segera, Begini Strateginya

Dalam bisnis, cash is king, profit is queen. Sering kali kita dihadapkan dengan kondisi ketidaksediaan uang cash di proyek, padahal penjualan tidak mengalami kendala. Mungkin Anda sering mengalaminya. Ini bukan hal yang salah selama penjualan properti masih tergolong bagus. Nah bagaimana cara menarik cash lebih cepat bila dalam kondisi kelangkaan cash, simak berikut ini :

Menjual properti Anda dengan hanya skema cash keras, dibumbui diskon lebih besar dari biasanya. Contoh bila biasanya anda mendiskon 10 juta untuk pembelian cash keras, berikan 20 juta untuk periode waktu tertentu.

Menjual properti dengan skema cash bertahap dimana uang muka lebih besar dari biasanya dan angsuran lebih panjang. Contoh cash 24 kali dengan catatan uang muka 50% dibayarkan pada bulan pertama. Kekurangannya bisa diangsur 23 bulan berikutnya.

Mendiskon piutang cash agar masuk lebih cepat. Coba perhatikan berapa piutang cash, yakni piutang penjualan yang masih harus dibayarkan secara tunai, bukan dari pencairan KPR bank. Contoh misal piutang cash bulan ini 1 milyar rupiah. Anda bisa hubungi konsumen-konsumen yang telah membeli untuk membayar lebih cepat dari jadwal pembayaran uang muka dengan iming-iming diskon x rupiah.

Mempercepat pembangunan agar piutang KPR segera cair. Kok malah membangun? Bukannya mengeluarkan uang? Tentu saja mengeluarkan uang, tapi tidak harus sekarang bukan? Misalkan saja ada 5 rumah yang progres pembangunannya mencapai 90%. Untuk genap 100% hanya membutuhkan waktu 2 minggu. Tempo pembayaran ke supplier atau kontraktor Anda misalkan saja sama yakni 2 minggu. Maka dengan mengejar progres pembangunan 100% dengan harapan KPR agar segera cair sehingga pembayaran ke supplier dan kontraktor tidak mengalami keterlambatan dan tentunya uang yang masuk jauh lebih besar dari yang dikeluarkan.

Menjual dengan skema co-ownership yakni menjual properti kepada konsumen investor. Contoh anda menjual properti seharga 200 juta rupiah. Anda menjualnya untuk konsumen investor dengan harga 180 juta rupiah cash tunai di depan dengan program akan dijualkan kembali setelah 1 tahun dari waktu pembelian. Harga properti diharapkan naik melebihi harga sekarang. Konsumen investor diuntungkan dengan kenaikan harga pada tahun ke depan, Anda diuntungkan dengan menerima cash saat ini.

Anda bisa lakukan semua jurus di atas secara paralel bersamaan. Anda pelajari polanya dari pola di atas, bukan angka-angka yang ditampilkan. Dan sebaiknya lebih kreatif agar menemukan solusi lainnya. Selamat mencoba!

 

 

Originally posted 2015-09-21 11:25:15. Republished by Blog Post Promoter

One Comment on “Butuh Cash Segera, Begini Strateginya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *