Beberapa Cara Terbaik dalam Memberikan Perlindungan untuk Rumah

Sebagai aset paling berharga dalam hidup Anda, rumah haruslah diberikan perlindungan yang optimal. Bukannya berlebihan, tapi bayangkan saja apabila rumah Anda mengalami kerusakan akibat bencana lama, maka siapa yang akan menanggung kerugiannya jika tidak diasuransikan? Nah, itulah pentingnya memberikan perlindungan untuk rumah, terutama dengan menggunakan produk asuransi. Memang ada banyak sekali perlindungan asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi. Namun biasanya jika Anda membeli rumah melalui KPR, maka fasilitas tersebut sudah termasuk asuransi yang dipilihkan oleh bank. Jadi Anda tidak perlu repot-repot. Lalu bagaimana jika Anda membeli rumah secara tunai? Maka Anda harus memilih produk asuransi sendiri pastinya. Berikut beberapa tips dalam memilih asuransi yang dinilai baik yang dapat melindungi rumah Anda dari berbagai resiko.

  1. Membandingkan Fasilitas Perlindungan yang Diberikan

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat mencari produk asuransi yang baik adalah membandingkan fasilitas perlindungan yang diberikan oleh suatu produk asuransi dengan produk asuransi lainnya. Tujuannya adalah untuk memutuskan asuransi mana yang memiliki biaya dan manfaat terbaik untuk kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda bisa melakukan konsultasi atau bisa mengajukan asuransi rumah online untuk menghemat waktu dan biaya.

  1. Mencari Tahu tentang Jaminan

Anda bisa membandingkan beberapa asuransi rumah yang akan dipilih. Tanyakan perlindungan apa saja yang diberikan oleh asuransi pilihan Anda. Contohnya resiko kebakaran, dan bagaimana perusahaan asuransi memandang penyebab resiko ini, misalnya seperti korsleting atau ledakan. Ini agar Anda tahu resiko mana yang benar-benar dijamin dan karena sebab apa, serta resiko apa yang tidak mendapat jaminan.

  1. Hindari Memilih Asuransi yang Proses Klaimnya Sulit

Pastikan bahwa Anda memilih asuransi yang proses klaimnya mudah. Karena apa? Jika suatu ketika rumah Anda mengalami musibah, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan atau kerumitan saat ingin mengklaim asuransi untuk rumah Anda. Tanyakan dengan detail prosedur klaim pada perusahaan asuransi, sempatkan juga bertanya pada ahli asuransi di forum finansial online dan testimoni pengguna asuransi rumah.

  1. Jangan Lupa Hitung Biaya dan Nilai Pertanggungan

Yang terakhir namun terpenting, hitung berapa biaya yang harus dibayarkan serta berapa nilai pertanggungan yang akan Anda dapatkan. Nilai pertanggungan merupakan penggantian dari pihak asuransi yang akan Anda terima saat klaim. Pastikan menghitung dengan cermat uang pertanggungan ini dan dananya akan cukup untuk membangun ulang rumah Anda. Bandingkan juga dengan lamanya kontrak asuransi.

Itulah beberapa cara terbaik dalam memberikan perlindungan rumah, salah satunya adalah dengan menggunakan produk asuransi. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *