7 Tingkatan Investor Properti. Tingkatan yang Manakah Anda?

Investor properti adalah sebutan untuk orang-orang yang menyimpan hartanya dalam bentuk properti dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Properti sendiri termasuk investasi jangka panjang, maka tidak heran jika investor memerlukan dana yang tidak sedikit untuk diinvestasikan. Terlebih harga properti juga tidak murah. Nah, tidak hanya sekedar membeli properti lalu menjualnya lagi beberapa tahun kemudian. Ternyata investor properti juga mempunyai tingkatan-tingkatan tertentu. Tingkatan ini menjelaskan berada pada tahap manakah seorang investor properti dalam memulai investasinya. Berikut 7 tingkatan investor properti menurut Robert T. Kiyosaki.

  1. Tingkat 0

Pada tingkat ini, seorang investor properti tidak memiliki modal sekali untuk berinvestasi. Mereka menghabiskan semua yang mereka peroleh atau menghabiskan lebih dari yang mereka peroleh. Jadi pada tingkat, seseorang yang baru mulai atau ingin berinvestasi properti namun tidak memiliki modal sehingga dia menjual aset lain yang dimilikinya untuk dapat membeli properti.

  1. Tingkat 1

Orang-orang yang berada pada tingkat ini mendapatkan modal investasi dengan cara meminjam uang. Mereka malah sering melakukan investasi dengan menggunakan uang pinjaman. Meskipun investor pada tingkat ini memiliki beberapa aset properti, namun hutang mereka juga tinggi.

  1. Tingkat 2

Orang-orang yang berada pada tingkat ini menyisihkan sejumlah uangnya secara teratur dalam bentuk tabungan atau deposito. Mereka lebih suka membayar tunai properti yang mereka beli. Namun orang-orang pada tingkatan ini sering menyia-nyiakan waktu dengan mencoba menghemat sedikit uang.

  1. Tingkat 3

Pada tingkat ini sebenarnya ada tiga jenis investor yang menyadari pentingnya berinvestasi properti. Pada umumnya mereka adalah orang-orang yang berpendidikan tinggi. Namun mereka tidak terlatih dengan baik dalam memahami laporan keuangan karena belum pandai secara finansial.

  1. Tingkat 4

Orang-orang pada tingkat ini memahami pentingnya berinvestasi. Mereka secara aktif terlibat dalam pengambilan keputusan investasi mereka sendiri. Mereka banyak belajar sebelum membeli sebuah properti.

  1. Tingkat 5

Investor pada tingkat ini sudah mampu mencari strategi investasi yang lebih agresif dan berisiko. Mereka mempunyai kemampuan pengelolaan keuangan yang baik, serta dasar finansial yang kuat dan juga ahli dan berinvestasi properti.

  1. Tingkat 6

Hanya sedikit orang yang mampu mencapai tingkat tertinggi dalam investasi properti ini. Biasanya pada tingkat terakhir ini terdiri dari orang-orang luar biasa yang mampu menciptakan peluang bisnis dan peluang investasi secara bersamaan.

Itulah 7 tingkatan investor properti. Jadi, berada pada tingkat manakah Anda? Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *