#KonsultasiProperti Punya Tanah 237 m2, Yang Optimal Buat Apa?

21

Konsultasi Properti kali ini untuk menjawab pertanyaan dari Saudara Gagah Hendra Nugraha yang masuk melalui web YukBisnisProperti.org. Berikut pertanyaan beliau :

Kami mempunyai sebidang tanah seluas 237 m2 dengan bangunan asal seluas 45 m2 di daerah Jatibening permai. Lokasi cukup stategis, untuk kami ingin mendayagunakan lahan tersebut daripada hanya sebagai kontrakan. Mohon advis ataupun saran saran apa yang harus kami lakukan jika ingin memberdayakan fungsinya. Terimakasih.

Jawab : Mendayagunakan menjadi kontrakan sebenarnya sudah cukup bagus. Hanya saja kami melihat masih ada lahan yang cukup longgar yang mungkin sayang bila tidak dimanfaatkan lebih. Untuk mendayagunakan lebih dari sekedar kontrakan, ada beberapa alternatif.

  1. Menyewakan lahan yang tidak dimanfaatkan untuk kontrakan. Dalam bayangan kami, rumah seluas 45 m2 umumnya sudah cukup dengan luas tanah 90-100m2. Dengan demikian masih terdapat lahan kosong seluas 137 m2. Anda bisa sewakan lahan tersebut. Menambah income bukan?
  2. Alternatif berikutnya adalah, lahan kosong tersebut Anda bangun lagi rumah tipe 45. Anda kontrakkan lagi..
  3. Alternatif berikutnya adalah lahan kosong tersebut Anda bangun rumah kost seluas 60 m2. Dengan luas 60m2, dapat dibangun 3-5 kamar kost. Menambah income bulanan bukan?
  4. Anda juga bisa merubah rumah luas 45 Anda menjadi jauh lebih luas untuk dijadikan rumah kost atau rumah petak.
  5. Atau mungkinkah rumah Anda sekarang bisa menjadi guest house, homestay, dormitory untuk menampung para wisatawan dari luar daerah?

Demikian 5 saran pengembangan dari kami. Untuk rekan-rekan yang ingin menambahkan, silahkan isi kolom komentar. Untuk rekan-rekan yang ingin berkonsultasi mengenai properti, silahkan kunjungi halaman Konsultasi Properti –>> http://yukbisnisproperti.org/konsultasi-properti/

Leave a Reply

Required fields are marked*