Kelebihan dan Kekurangan Membeli Perumahan dengan Sistem Syariah

Market.yukbisnisproperti.org (17)

Tidak jarang orang ingin membeli perumahan berkonsep syariah agar terhindar dari riba. Selain itu, KPR perumahan syariah juga memiliki cicilan tetap sehingga dianggap memudahkan sebagian orang dalam perencanaan pengelolaan uang. Akan tetapi semua tergantung dengan penilaian masing-masing orang. Ada yang lebih memilih membeli perumahaan umum, dan ada yang lebih suka perumahaan berkonsep syariah. Namun yang jelas baik perumahan umum maupun perumahan syariah keduanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan perumahan dengan sistem syariah? Untuk Anda yang memang ingin membeli perumahan syariah, Anda perlu menyimak kelebihan dan kekurangan perumahan syariah sebagai berikut.

Kelebihan:

  • Harga perumahan syariah yang tercantum pada saat akad jual beli sifatnya sudah final. Artinya jumlah cicilan pembayaran dari awal hingga masa tenor habis sesuai dengan yang telah disepakati bersama. Tidak ada penambahan dan pengurangan.
  • Angsuran pada perumahan syariah dari awal hingga pelunasan bersifat tetap (flat) dan tidak dipengaruhi oleh fluktuasi suku bunga.
  • Tidak ada kerugian antara kedua belah pihak apabila transaksi yang dilakukan benar-benar sesuai dengan syariah.
  • Tidak ada kerugian pada salah satu pihak apabila suatu ketika terjadi masalah (misalnya jika konsumen tidak sanggup melunasi pembayaran, maka rumah tidak akan disita).
  • Jumlah cicilan tidak mengikuti suku bunga sehingga jumlah cicilan tiap bulannya tetap.

Kekurangan:

  • Jika Anda membeli rumah indent di perumahaan syariah, maka lama pembangunan tergantung pada pembayaran angsuran Anda. Hal ini karena pada perumahaan syariah, untuk pembelian rumah indent menggunakan akad istishna. Jadi Anda melakukan pembayaran angsuran saat pembangunan rumah memasuki tahapan-tahapan tertentu. Jika cicilan yang Anda bayar semakin besar, maka proses pembangunannya pun bisa semakin cepat.
  • Untuk pembelian rumah indent pada perumahan syariah, konsumen harus selalu menyiapkan uang angsuran agar proses pembangunan bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

Itulah kelebihan dan kekurangan membeli perumahan syariah. Sudah siapkah Anda menerima keuntungan dari kelebihannya dan menanggung resiko dari kekurangannya? Segera beli rumah syariah Anda!

Leave a Reply

Required fields are marked*