Ini Nih 3 Cara Menentukan Harga Jual Rumah Agar Gak Rugi Ataupun Kemahalan

Saat ingin menjual rumah, maka menentukan harga jual rumah merupakan keputusan penjual. Namun penjual tidak bisa seenaknya saja dalam menentukan harga jual rumah. Apabila harga yang ditentukan ternyata terlalu mahal, maka akan sedikit peminat yang ingin membeli rumah tersebut. Sebaliknya, jika harga jual rumah terlalu murah, maka penjual pun bisa rugi. Nah, apabila Anda akan menjual rumah, maka berikut beberapa cara dalam menentukan harga jual rumah yang pas.

  1. Berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)

Cara pertama menentukan harga jual rumah adalah berdasarkan NJOP (Nilai Jual Objek Pajak). Lalu darimana kita bisa tahu Nilai NJOP? Anda pasti menerima lembar tagihan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) pada setiap tahunnya bukan? Nah, pada PBB tertera informasi mengenai NJOP baik tanah maupun bangunannya. Pada dasarnya Anda harus menggunakan perhitungan NJOP untuk menentukan harga jual rumah. Namun saat ini banyak orang yang menentukan harga jual rumah 2-3 kali lipat dari NJOP.

  1. Berdasarkan Biaya dan Laba

Dalam menghitung harga jual properti bisa juga berdasarkan semua biaya yang dikeluarkan untuk membeli atau membangun rumah ditambah dengan keuntungan yang Anda peroleh. Cara menentukan harga jual seperti ini, yang pertama Anda harus menentukan keuntungannya dulu. Untuk perhitungan bakunya sendiri tidak ada. Hanya saja pakar biasa menyebut harga properti mengalami kenaikan 15%-30% setiap tahunnya. Jadi untuk menentukan harga jualnya Anda bisa mengambil keuntungan sekitar 20% atau lebih.

  1. Berdasarkan Harga Pasaran

Menentukan harga jual rumah berdasarkan harga pasaran adalah cara yang paling umum digunakan. Untuk mengetahui harga pasaran, Anda dapat mencari informasi kepada developer atau agen properti di sekitar Anda. Pada dasarnya penentuan harga jual rumah berdasarkan harga pasaran juga dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mempengaruhinya. Misalnya kondisi ekonomi yang sedang terpuruk atau harga material bahan bangunan yang naik.

Itulah dia beberapa cara menentukan harga jual rumah agar tidak rugi ataupun terlalu mahal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *