Iklan Properti Boncos?

yukbisnisproperti.org desin

Sudah pake macem-macem media. Dari gratisan sampe berbayar. Budget udah dilonggar-longgarin. Tapi kok tingkat konversinya rendah. Jangankan konversi.. bla bla bla.. lanjutkan sendiri deh..

Apa sebabnya? Salah siapa atau di mana? Ilmu atau pendekatannya yang salah atau nggak pas? Medianya? Riset kata kunci atau audiensnya?

Entahlah.. kalo mau cari-cari kesalahan, bisa panjang urusannya.. lebih baik cari solusi..

Properti itu jenis produk yang melibatkan uang dalam jumlah besar. Sewajarnya, tingkat kesulitan dalam pemasarannya juga lebih besar.

Maka dalam konteks PEMASARAN PROPERTI, tidak ada satu obat mujarab untuk semua penyakit.

Pake FB ADS atau GOOGLE ADWORDS lalu masalah selesai? Kalau bisa ya bagus. Tapi secara logika tidak sesimpel itu.

Sebaliknya pula tidak bisa lompat pada kesimpulan bahwa pilihan dua media dan yang lainnya itu tidak tepat atau sudah tidak tepat lagi untuk pemasaran properti ketika pengalaman tidak sukses yang kita temui.

Media dan tools penting. Keduanya mungkin bagian dari TEKNIK. Tapi tidak kalah penting juga STRATEGI dan WISDOM.

Semua perlu dimulai dari hal-hal paling mendasar. Miliki dulu pemahaman mengenai PASAR. Bagaimana peta pasar Anda? Bagaimana situasi terkininya? Bagaimana tingkat kompetisinya? Mungkinkah mengubah yang berdarah-darah menjadi indah? Pelajari kolamnya sebelum nyemplung untuk berenang.

Selanjutnya tentukan STRATEGI. Bagaimana menjembatani antara produk properti kita dengan pasarnya. Bagaimana mengkomunikasikannya?

Kemasan apa yang tepat digunakan? Bahasa apa yang paling efektif untuk mendialogkan? Bukan memonologkan? Media apa yang paling efektif mengantarkan? Materi iklan seperti apa yang paling juara? Campaign model apa yang berpotensi menang?

Ini penting. Tapi juga jangan lupakan WISDOM. Dengan ini kita bisa jadi lebih adaptif terhadap kemungkinan-kemungkinan, tantangan, dan perubahan.

Kalau fokus kita cuma pada MARKETPLACE, SEO, FB ADS, atau GOOGLE ADS tanpa pernah berpikir hal di atas, maka BONCOS cuma soal waktu.

Jangan salahkan kata kunci atau pengaturan audiens yang belum tepat. Meski itu juga penting. Tapi ibarat bangunan, menjadi rapuh jika pondasi dan strukturnya tidak kuat.

Jadi.. kalau masih BONCOS, coba pertimbangkan poin di atas.. move on.. lupakan BONCOS kemarin.. konversi menjadi ongkos belajar.. tatap ke depan.. sukses selalu..

Zidni Ilman
Presiden Yuk Bisnis Properti
Pemerhati Digital Marketing

Leave a Reply

Required fields are marked*