Buat Kamu Yang Mau Tau Macam-Macam Fasilitas Produk KPR Syariah

Seperti yang sudah kita ketahui, bank syariah menawarkan pembiayaan untuk pembelian rumah baik baru maupun bekas dengan menggunakan prinsip murabahah (jual beli) yang disesuaikan dengan syariat Islam. Kelebihan dari KPR syariah adalah cicilannya yang tetap sampai jatuh tempo berakhir.

Di bank syariah sendiri tersedia beragam fasilitas KPR iB (Islamic Banking) yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah. Macam-macam KPR iB tersebut antara lain KPR iB jual beli (skema murabahah), KPR iB sewa (skema ijarah), KPR iB sewa beli (skema ijarah muntahia bittamlik-IMBT), dan KPR iB kepemilikan bertahap (musyarakah mutanaqishah). Namun diantaranya fasilitas produk KPR syariah (KPR iB) tersebut, yang paling sering ditawarkan oleh bank adalah skema jual beli dan skema sewa beli. Untuk lebih memahami masing-masing fasilitas produk KPR syariah (KPR iB), mari kita lihat skemanya satu per satu.

KPR iB Jual Beli

KPR iB dengan skema jual beli menawarkan perjanjian jual beli antara bank dengan nasabah. Bank membeli rumah yang diinginkan nasabah dari developer, kemudian menjualnya kembali kepada nasabah sebesar harga ditambah dengan margin keuntungan untuk bank yang telah disepakati di awal. Besarnya cicilan yang dibayarkan nasabah tiap bulannya adalah tetap.

KPR iB Sewa Beli

KPR iB dengan skema sewa beli menawarkan pilihan kepada nasabah untuk menyewa rumah yang akhirnya dapat dimiliki di akhir sewa. Dalam skema ini, harga sewa ditentukan secara berkala berdasarkan kesepakatan antara bank dengan nasabah. Skema sewa beli umumnya digunakan untuk pembiayaan jangka panjang. Pada saat sewa berakhir, nasabah bisa memiliki rumah tersebut.

KPR iB Kepemilikan Bertahap

Selain kedua jenis KPR iB di atas, skema KPR iB yang saat ini banyak diminati adalah kepemilikan bertahap. Dalam skema ini, bank syariah dan nasabah akan berkontribusi modal dengan prosentase tertentu untuk membeli rumah yang diinginkan nasabah. Kemudian secara bertahap nasabah akan menambah porsi kepemilikannya dengan cara mengangsur pada bank tiap bulannya. Rumah tersebut secara bertahap akan menjadi milik nasabah dan mengurangi porsi kepemilikan bank, sehingga di akhir periode rumah sepenuhnya menjadi milik nasabah.

Itulah macam-macam fasilitas produk KPR syariah (KPR iB) yang bisa Anda pilih di bank syariah. Jadi, KPR iB mana yang akan Anda pilih untuk pembiayaan membeli rumah impian Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *