Antara Investasi Properti dan Bisnis Properti. Mana yang Lebih Menguntungkan?

yukbisnisproperti.org desin(3)

Jika Anda memiliki sebuah properti, seringkali Anda bingung mau dikemanakan properti tersebut? Apakah diinvestastikan atau digunakan untuk bisnis? Memang, keduanya berpotensial untuk memberikan Anda keuntungan. Namun cara kerja investasi properti dan bisnis properti berbeda. Sebelum berbicara jauh mengenai mana yang lebih menguntungkan antara investasi properti dan bisnis properti, apakah Anda sudah bisa membedakan keduanya?

Investasi properti bisa diartikan sebagai jumlah dari bentuk aktiva (properti) dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Jika Anda berinvestasi properti maka Anda membeli properti dengan tujuan tidak untuk ditempati, melainkan hanya disimpan. Properti yang ditujukan untuk investasi memang menjadi pasif dan tidak menghasilkan dalam jangka waktu pendek. Akan tetapi dengan harapan properti tersebut dapat memberikan keuntungan yang banyak beberapa tahun mendatang karena harga properti terus mengalami kenaikan.

Sedangkan bisnis properti merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan menjual barang dan jasa (dalam hal ini berkaitan dengan properti) kepada pihak lain yang membutuhkan untuk mendapatkan keuntungan. Dapat dikatakan bahwa bisnis properti lebih aktif untuk memperoleh keuntungan.

Jika ditanya, mana yang lebih menguntungkan antara investasi properti dan bisnis properti? Sebenarnya keduanya menguntungkan, hanya tinggal tergantung Anda mau mengambil keuntungan dari mana. Untuk lebih jelasnya, berikut kami jelaskan kelebihan dan kelemahan jika Anda memilih investasi properti atau bisnis properti.

Jika Anda memilih untuk berbisnis properti maka:

  • Modal yang harus dikeluarkan besar, karena digunakan untuk mengelola properti secara berkala.
  • Lebih aktif untuk mendapatkan keuntungan, begitupun resikonya juga semakin besar.
  • Karena bersifat lebih aktif, maka keuntungan yang didapatkan akan sangat besar.
  • Biaya bulanan yang digunakan untuk perawatan atau perbaikan properti bisa tercover oleh pendapatan.

Selanjutnya, jika Anda lebih memilih untuk berinvestasi properti maka:

  • Modal yang dikeluarkan relatif kecil hanya untuk membeli properti di awal.
  • Keuntungan tidak sebesar jika properti digunakan sebagai bisnis, begitupun dengan resikonya cenderung lebih aman.
  • Keuntungan yang didapat tidak sebanyak jika digunakan sebagai lahan bisnis.
  • Biaya bulanan untuk perawatan atau perbaikan menjadi biaya tambahan yang harus dikeluarkan secara berkala, tanpa ada pemasukan untuk mengcover biaya tersebut.

Lalu, mana yang lebih menguntungkan? Sebenarnya jika Anda mau menjadikan properti untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, Anda bisa berbisnis properti. Namun bukan berarti berinvestasi properti keuntungannya tidak besar. Anda bisa mengkombinasikan investasi properti dan bisnis properti untuk untung yang jauh lebih besar.

Leave a Reply

Required fields are marked*