Ada Lebih Dari Satu Nama di Sertifikat Tanah. Bolehkah?

Market.yukbisnisproperti.org (19)

Dalam urusan jual-beli tanah, Anda tentu tidak bisa melupakan salah satu bukti yang paling akurat, yakni sertifikat. Setelah proses transaksi jual-beli rampung, langkah selanjutnya yang ditempuh pembeli umumnya adalah mendatangi kantor notaris setempat untuk mengubah nama pemilik di sertifikat alias balik nama sertifikat tanah. Seringkali kurangnya pengetahuan membuat sebagian masyarakat berpikir bahwa hanya boleh ada satu nama saja di satu sertifikat. Padahal sebenarnya boleh ada beberapa nama dalam sertifikat tanah.

Bahkan dalam Pasal 31 ayat 4 PP 24/1997 mengatur bahwa hak atas tanah atau hak milik atas satuan rumah susun kepunyaan bersama beberapa orang atau badan hukum diterbitkan satu sertifikat, yang diterimakan kepada salah satu pemegang hak bersama atas penunjukan tertulis para pemegang hak bersama yang lain. Artinya dalam pasal tersebut, tidak diberikan batasan berapa nama yang diperbolehkan sebagai pemilik dari hak atas tanah tersebut. Jadi pada dasarnya dalam satu sertifikat dapat dicantumkan beberapa nama sebagai pemegang hak bersama. Dan untuk memudahkan masing-masing orang pemegang hak bersama, dapat diterbitkan sertifikat bagi masing-masing orang. Lalu bagaimana prosedur menerbitkan sertifikat untuk beberapa kuasa?

Adapun prosedur pembuatan sertifikat tanah untuk beberapa kuasa meliputi:

  1. Pemegang hak atas tanah terlebih dahulu mengajukan surat permohonan pembuatan sertifikat tanah ke kantor pertanahan setempat.

  2. Melengkapi dokumen yang dibutuhkan terkait lampiran surat permohonan pembuatan sertifikat tanah, seperti kartu identitas para pemegang hak, akta jual beli, dan dokumen lain yang dibutuhkan.

  3. Melunasi biaya administrasi yang nominalnya telah ditetapkan oleh kantor pertanahan.

  4. Meneliti isi sertifikat atas beberapa nama pemegang hak atas tanah. Ini bertujuan untuk memahami secara detail apa yang tertera didalamnya, seperti pembagian luas tanah masing-masing kepemilikan.

  5. Terakhir, periksa dengan benar keseluruhan isi sertifikat tersebut. Jadi apabila terjadi kesalahan, misalnya salah penulisan lokasi atau dalam pengkalkulasian data, dapat segera ditunjukkan ke bagian terkait untuk diperbaiki.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*