Ternyata Begini Cara Bank Menaksir Harga Rumah

18

Dibanding jenis investasi lainnya, bank menilai properti sebagai jaminan paling berharga dan cepat disetujui permohonannya. Oleh sebab itu, sejumlah bank berani memberikan pinjaman dengan jumlah besar kepada calon debitur dengan jaminan properti. Sebelum menyetujui permohonan kredit calon debitur, terlebih dahulu bank akan menerjunkan tim analis untuk menilai harga pasti dari rumah yang akan diagunkan. Umumnya, dua pendekatan berikut ini menjadi metode yang paling sering digunakan.

  1. Pendekatan Harga Pasar

Dalam metode ini, pihak analis akan menggali informasi dan data akurat seputar harga pasaran untuk rumah yang dijaminkan. Bank biasanya akan mengambil sampel dari tiga atau lebih jenis bangunan yang spesifikasinya sama di satu area. Pertimbangan utama dalam metode ini ialah harga tanah per meter persegi. Di lain sisi, kualitas bangunan rumah akan menentukan harga bangunan per meter persegi. Letak rumah pun berpengaruh terhadap penilaian bank, apakah posisinya berada di pinggir jalan atau masuk ke dalam gang. Bila dari hasil penilaian ditemukan bahwa harga pasaran untuk rumah dengan tipe sama adalah Rp500 juta, maka bank akan menetapkan angka ini sebagai harga pembanding. Lalu bank akan memutuskan nominal yang lebih rendah sedikit di bawah harga pembanding sebagai harga rumah Anda.

  1. Pendekatan Biaya

Pertama-tama, bank melakukan survei mengenai harga tanah di lokasi rumah agunan melalui Ketua RT/RW maupun tetangga sekitar. Selanjutnya, tim appraisal akan menghitung nilai rumah berdasarkan harga tanah per meter persegi, harga bangunan, serta prospek kenaikan harga yang mungkin terjadi.

Rumus pendekatan biaya: Nilai pasar = harga tanah + nilai bangunan dan sarana pelengkap bangunan.

Penting diketahui, selain dua metode pendekatan diatas bank juga punya pertimbangan lain dalam menilai harga rumah yang diagunkan. Yakni analisa bank terhadap kondisi rumah dan lingkungan sekitar, serta sejauh mana kemampuan debitur dalam mengangsur hutang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*