Memanfaatkan Ruangan Rumah Tidak Terpakai untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

yukbisnisproperti.org desin(3)

Bagi Anda yang memiliki ruangan kosong tak terpakai di rumah Anda, tidak ada salahnya jika memanfaatkan ruangan tersebut untuk mendapatkan uang. Ya, hitung-hitung daripada menjadi berbedu lebih baik digunakan untuk mencari penghasilan tambahan. Nah, berikut beberapa tips ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

  1. Kamar Tidur

Salah satu ruangan yang paling umum dimanfaatkan untuk menghasilkan uang adalah kamar tidur. Ya, kamar tidur bisa disewakan sebagai tempat kost dan Anda akan mendapatkan uang sewa. Namun perlu diperhatikan dari sisi privasi, mengingat penyewa kos lebih menyukai tinggal di kamar yang terpisah dari pemilik. Jika memungkinkan, buat akses masuk-keluar baru yang berbeda dengan akses anggota keluarga.

  1. Teras

Lahan bisnis lainnya bisa dilakukan melalui teras rumah. Opsi usahanya pun beragam meliputi jasa cuci gosok (laundry kiloan), warung kelontong, kuliner, hingga counter pulsa yang umum terlihat. Meski kelihatannya kecil, namun usaha rumahan yang satu ini tidak bisa dianggap sepele. Apalagi Anda tidak perlu menyewa karena lahan usaha adalah milik sendiri.

  1. Garasi

Punya garasi cukup luas tapi tidak punya mobil? Alihkan ruang kosong ini sebagai area parkir yang bisa disewakan kepada tetangga. Asal, Anda bisa memastikan keamanan mobil yang terparkir di sana. Atau bila ada modal sedikit, belilah sepaket peralatan mesin steam motor dan membuka jasa pencucian sekaligus lapangan kerja baru.

  1. Tembok Luar

Tak disangka, tembok luar rumah pun bisa dijadikan ajang cari duit tambahan, yaitu sebagai media iklan. Tetapi biasanya marketing produk lebih memilih mencari rumah yang lokasinya strategis dan iklan bisa terlihat dengan jelas tanpa penghalang. Jika kriteria rumah memadai, Anda bisa menawarkannya langsung ke kerabat atau marketing produk yang tengah membutuhkan lahan promosi.

Itulah beberapa tips dalam memanfaatka ruangan rumah Anda untuk mendapatkan uang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*