Ini Dia Keuntungan Beli Rumah Melalui KPR

19

Ada banyak cara membeli rumah. Salah satu alternatif membeli rumah bagi yang tidak mempunyai banyak dana adalah melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah). KPR merupakan sebuah kemudahan dalam membeli rumah yang ditawarkan oleh pihak bank dan bekerja sama dengan developer. Dengan membeli rumah melalui KPR, Anda bisa membeli rumah dengan cara dicicil tiap bulan dengan suku bunga tertentu. Selain itu, masih banyak lagi keuntungan membeli rumah melalui KPR, antara lain sebagai berikut:

  1. Tidak Memerlukan Dana Awal yang Besar

Membeli rumah dengan KPR, Anda tidak perlu memiliki banyak uang. Hanya dengan menyiapkan dana 30% sebagai uang muka, Anda sudah bisa memiliki sebuah rumah. Sisa pembayaran akan dilunasi oleh pihak bank dan Anda tinggal mencicilnya ke bank tiap bulan dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

  1. Legalitas Terjamin

Semua keabsahan surat-surat dan sertifikat rumah dijamin oleh pihak bank. Karena sebelum menerima sertifikat, bank mengecek keabsahannya lewat Badan Pertahanan Nasional (BPN).

  1. Rumah Bisa Langsung Ditempati

Saat pengajuan KPR Anda disetujui oleh pihak bank, maka saat itu pula Anda sudah bisa menempati rumah yang Anda beli meskipun cicilannya belum lunas.

  1. Reputasi Developer Terjamin

Jika Anda membeli rumah melalui KPR, maka Anda tidak perlu khawatir akan ditipu oleh developer. Pasalnya pihak bank umumnya sudah bekerja sama dengan beberapa developer yang sudah terpercaya dan tentunya memiliki reputasi baik. Bank tidak mau mengambil resiko dengan bekerja sama dengan developer yang kurang terpercaya.

  1. Bisa Digunakan Sebagai Investasi Jangka Panjang

Inilah keuntungan membeli rumah melalui KPR. Pada saat cicilan Anda ke bank sudah lunas, Anda bisa menjual rumah tersebut. Harga jualnya tentu saja lebih tinggi dari harga pada saat Anda membelinya karena rumah mengalami kenaikan harga setiap tahunnya. Bisa saja uang yang Anda dapatkan dari menjual rumah melebihi biaya cicilan yang Anda bayarkan ke bank.

  1. Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis

Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga bisa menyewakan rumah tersebut. Uang sewa yang Anda dapatkan bisa Anda pergunakan untuk membayar cicilan ke bank tiap bulannya. Jadi itung-itung Anda mendapatkan rumah tersebut gratis.

  1. Rumah Memiliki Asuransi

Keuntungan lainnya dari membeli rumah melalui KPR adalah rumah KPR pasti diasuransikan oleh pihak bank. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir jika rumah Anda mengalami kebakaran atau bencana alam, karena akan dicover oleh asuransi.

Itulah beberapa keuntungan membeli rumah melalui KPR. Bagaimana? Anda tertarik untuk membeli rumah melalui KPR? Siapkan dana Anda sekarang juga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Required fields are marked*