Hal-Hal yang Sering Dilupakan Oleh Pembeli Rumah

15

Meski sudah dipersiapkan dengan matang, kadang masih ada beberapa poin yang lupa dipersiapkan oleh calon pembeli rumah. Sebelum membeli rumah, Anda sebaiknya membuat to-do-list sehingga tidak ada yang terlupa. Berikut beberapa hal yang sering dilupakan oleh pembeli saat membeli rumah.

  1. Mempertimbangkan Harga Jual Kembali

Walaupun berada di posisi sebagai pembeli rumah, Anda juga harus cerdik mengamati peluang investasi di depan mata. Bersikaplah seperti penjual dengan memprediksi kenaikan harga dan prospek lingkungan perumahan dalam beberapa tahun ke depan. Anda bisa bertanya dengan agen properti mengenai prospek lingkungan dan persentase kenaikan harga properti disana. Sehingga jika sewaktu-waktu ingin menjual rumah, Anda tidak akan mengalami kerugian.

  1. Menghitung Pengeluaran Setelah Membeli Rumah

Umumnya pembeli hanya fokus terhadap biaya pokok seperti uang muka dan cicilan KPR bulanan. Padahal ada juga biaya pengeluaran lain, misalnya biaya mengurus dokumen kepemilikan rumah. Selain itu, biaya renovasi dan perawatan setiap bulannya juga perlu disiapkan, setidaknya satu persen dari harga jual rumah.

  1. Memahami Peraturan di Lingkungan Hunian

Setiap lingkungan hunian tentu memiliki peraturan tertentu. Misalnya tidak bisa memarkir kendaraan di sembarang tempat, atau tidak boleh mengubah bentuk bangunan secara signifikan. Nah, sebelum membeli rumah, pastikan Anda memahami peraturan dan larangan yang telah ditetapkan developer/penjual rumah maupun lingkungan perumahan.

  1. Melakukan Survey Lingkungan

Ini adalah hal yang mungkin terlupakan bagi calon pembeli rumah yang tidak punya banyak waktu. Mereka langsung membeli rumah yang sesuai spesifikasi dan fasilitas perumahan serta mengabaikan kondisi lingkungan sekitar. Sisihkan waktu Anda setidaknya satu kali untuk melakukan survei lingkungan secara langsung.

Itulah hal-hal yang sering dilupakan oleh pembeli rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*